Mengenal Cirik Barandang, Ilmu Pelet dari Minangkabau - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Mengenal Cirik Barandang, Ilmu Pelet dari Minangkabau

Orang Indonesia pada umumnya sudah mengetahui tentang dunia ghaib, terlebih ilmu pelet yang sering ada di setiap daerah dan ciri khasnya sesuai daerah tersebut. Bahkan ilmu pelet sudah termasuk ke dalam sebuah tradisi bagi masyarakat awam. Pada ulasan kali ini membahas tentang ‘cirik brandang’ merupakan ilmu pelet supaya orang lain menyukai dan mencintai kita. Nah, cirik brandang ini berasal dari Minangkabau. Penasaran simak ulasan selengkapnya.

Ilustrasi
Mengenal Cirik Barandang, Ilmu Pelet dari Minangkabau

Cirik brandang ini sangat terkenal di daerah Minangkabau dan beberapa daerah lainnya. Sebagai salah satu hal yang termasuk ke dalam mistis, cirik brandang sangat kuat pengaruhnya hingga bisa menaklukkan hati seseorang terutama kaum perempuan. Ada beberapa cerita yang didapatkan dari berbagai sumber bahwa seorang perempuan yang terkena pengaruh cirik brandang langsung meminta menikah setelah beberapa jam terkena ramuan cirik brandang tersebut. Yang mengejutkan sebelumnya perempuan tersebut tidak sama sekali menyukai sang laki-lakinya.

Mengenai bagaimana cirik brandang ini sendiri bekerja, penulis tidak memaparkan lebih lanjut terlebih hal ini dilarang dalam Islam, tulisan ini hanyalah sekedar informasi saja untuk menambah wawasan kita semua.

Ilmu pelet cirik brandang biasanya berupa bentuk serbuk yang harus dicampur kedalam minuman, bisa air mineral, kopi atau teh. Ramuan ini bisa mempengerahui setiap perempuan, apakah perempuan tersebut gadis ataupun status janda.

Yang pastinya cirik brandang ini lebih banyak digunakan kaum laki-laki untuk menjalankan aksinya dalam upaya menaklukkan hati perempuan. Kebiasaan para perempuan yang diberikan cirik brandang karena menolak sang laki-laki tersebut. Akibatnya laki-laki tersebut akan berusaha semaksimalkan mungkin untuk mendapatkan cintanya termasuk menggunakan cirik brandang. Dan akan memasukkan ramuan ini kedalam minuman supaya perempuan yang disukainya menjadi miliknya.

Beberapa laki-laki menyalahgunakan cirik brandang ini karena menuruti hawa n4fsu ingin memiliki istri lebih dari satu. Untuk memuluskan jalannya diambillah jalan menggunaka cirik brandang ini.

Ramuan pelet cirik brandang ini sudah sangat tua. Meskipun dunia semakin canggih, masih saja ada orang yang menggunakannya. Dan beberapa orang masih menyimpan tradisi pelet ini.

Namun mencari informasi mengenai ramuan pelet tidak semudah yang dibayangkan. Resep tersebut tidak dimiliki oleh sembarang orang. Dan terdapat salah satu nama yang diyakini mempunyai kemampuan untuk meracik ramuan pelet ini, yakni Datuk Maruhan. Namun, orang seperti ini sangat sulit ditemukan bahkan bisa dikatakan cukup langka.

Jangankan cara pembuatannya, berbagai bahan yang digunakan pun tidak banyak orang yang tahu. Meskipun ilmu ini telah berkembang sejak lama, namun hingga sekarang tidak diketahui mengenai bahan apa saja yang digunakan untuk meracik ramuan. Tapi, terdapat sedikit informasi mengenai salah satu bahan yang digunakan, yakni (maaf) ujung dari kotoran manusia.

Demikianlah ulasan mengenai ilmu pelet cirik brandang. Meskipun hal ini sebagai sesuatu hal yang masih dijaga para moyang (bagi orang awam) dan sesuai keyakinan masing-masing, di dalam agama Islam sangat dilarang melakukan praktek tersebut. Ini termasuk kedalam dosa yang besar yaitu syirik, karena tidak mempercayai selain Allah SWT, Naudzubillah. Bagi laki-laki yang belum berjodoh atau ditolak berdoalah kepada Allah SWT, selalu berikhtiar dan senantiasa meningkatkan tawakkal pada-Nya, Insya Allah akan dimudahkan urusan jodoh, hal yang sama juga berlaku bagi perempuan. Semoga bermanfaat.