Mengenal Tuyul Pencuri dan Caranya Agar Tidak Bisa Masuk Ke Rumah - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Mengenal Tuyul Pencuri dan Caranya Agar Tidak Bisa Masuk Ke Rumah

Mengenal Tuyul, Tuyul dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul dan bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri uang.

Tuyul adalah mahluk ghaib dari golongan Jin yang memiliki kemampuan khusus yaitu mencuri uang atau perhiasan. Tuyul berpostur pendek seperti anak kecil, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.). tuyul ini dapat dilihat oleh mata terbuka dan dapat diajak bicara tapi hanya dapat dilihat oleh majikanya saja, orang lain sulit untuk dapat melihatnya.


Bagaimana tuyul bisa dipelihara? Apa musti bertapa atau menjalani ritual khusus? Ternyata gak perlu, karena di sejumlah daerah di Indonesia sudah ada yang namanya pasar tuyul. Namun tetap saja harus dengan syarat yang sangat menyesatkan bergumul dengan kemusyrikan. Biasanya tuyul-tuyul dibeli di kawasan Kuningan, Jawa Barat, Tulung Agung, Jawa Timur dan Karang Pucung, Cilacap. Tuyul dijual kepada orang-orang yang akan melakoni pesugihan, mau kaya tanpa mau kerja keras.  

Seperti apakah tuyul?
Fisik tuyul itu tidak lucu. Lupakan soal penampilan lucu tuyul dan mbak yul di film. Karena untuk masyarakat paranormal yang benar-benar percaya tuyul yakin bahwa jin kecil itu jauh dari gambaran film. Penampilannya pendek, kepala botak, tubuh sedikit berbulu dan sedikit berlendir dengan gigi yang agak runcing.

Tuyul itu menyusu, apa yang diminum? Jadi menurut kepercayaan setiap yang memelihara tuyul harus merelakan istrinya (atau dirinya kalau yang melihara wanita) untuk menyusui si tuyul tiap pagi. Buat para istri silahkan bayangkan menyusui sesuatu yang menjijikkan dan bergigi runcing, mau?

Tuyul itu paling jago menghilang tapi tidak ahli dalam berubah wujud. Tuyul ini jago menyamarkan diri dan sangat sulit dilihat. Tapi ketika terlihat akan selalu berbentuk wujud aslinya, ia tidak begitu lihai merubah wujudnya tidak seperti jin-jin yang lain.

Bagaimana cara mengenali pemelihara tuyul?
Berikut ini ada ciri-ciri umum pemelihara tuyul, namun perlu diingat, janganlah mengedepankan buruk sangka apalagi fitnah, karena ciri-ciri tersebut bisa saja dilakukan oleh orang biasa sebagai gaya hidupnya. Berikut diantara ciri-cirinya:
Kalau makan malam selalu disisakan, si pemelihara ini juga tidak boleh cuci tangan setelah makan karena untuk dijilati tuyulnya saat tidur nanti.

Biasanya, pemelihara tuyul sering berjalan dengan kedua tangan di belakang punggung seolah-olah sedang menggendong sesuatu. Ia berkeliling kampung atau komplek melakukan survey lokasi rumah calon korban.

Rumah pemelihara tuyul biasanya banyak warna. Karena tuyul karakternya seperti anak-anak, ia sangat menyukai warna-warni.

Di kamar pemilik tuyul selalu ada sesajen yang digunakan untuk ritual

Bagaimana agar rumah kita terbebas dari tuyul?
Ada beberapa tips agar tuyul tidak mencuri uang dan perhiasan di rumah kita:
Jangan pernah menyisakan makanan di piring, atau membiarkan makanan terbuka di malam hari karena akan mengundang tuyul. Secara fisik makanan yang tersia akan tetap utuh namun makanan tersebut telah dijilati dan dihisap saripatinya dengan cara berbeda.

Sebaiknya pelihara kepiting air tawar di wadah atau akuarium. Tuyul sangat menyukai kepiting sebagai mainan sehingga jika ia masuk ke rumah kita akan lupa akan tugas mencuri yang dibebankan pemiliknya.

Letakkan bawang putih atau jahe di depan pintu dengan tetap memohon perlindungan kepada Allah. Bagi tuyul, jahe adalah mainan unik sehingga ia akan lupa dengan tugas utamanya.

Jangan ada patung di dalam rumah. Karena jin menyukai bahkan bisa menempati patung sebagai rumahnya.

Namun, sebagai seorang yang beragama tentu hal utama dan cara yang paling baik adalah tetap berpegang teguh pada Allah SWT yang bisa memberi perlindungan pada kita dan keluarga termasuk harta. Jin iblis tidak akan berani memasuki rumah yang selalu diisi dengan kegiatan ibadah dan didalamnya selalu dilantunkan ayat-ayat suci. 


Bekerja sama dengan golongan syetan dan jin adalah kemusyrikan yang sangat dibenci Allah, janganlah pernah terfikirkan untuk melakukannya. Silakan bagikan semoga menjadi amal sholih dan saling mengingatkan. (sumber)