Muslimah: Inilah Perbedaan Antara Hijab, Kerudung, Jilbab dan Khimar Berikut Penjelasannya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Muslimah: Inilah Perbedaan Antara Hijab, Kerudung, Jilbab dan Khimar Berikut Penjelasannya

Banyak muslimah yang tidak mengetahui Perbedaan Antara Hijab, Jilbab, Kerudung dan Khimar. Mereka sering gagal paham dalam memaknainya, Apalagi mereka yang sedang belajar memakai jilbab atau hijab tentu ingin mengetahui dengan pasti perbedaan arti kata tersebut.

Guna menjawab rasa penasaran wanita muslimah, kali ini Kabar Makkah akan membahas Perbedaan Antara Hijab, Jilbab, Kerudung dan Khimar secara singkat dan tentunya akan dilengkapi dengan gambar penunjang. semoga bisa mudah di pahami dan bermanfaat.



Apa Perbedaan Hijab dan Jilbab
Hijab (bahasa Arab: حجاب hijab) adalah sebuah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara yang menggunakan bahasa Arab serta negara-negara Barat, kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam dan study syariat, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

Ada yang menyatakan juga bahwa setiap jilbab adalah hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yang tampak. Seperti dijelaskan di atas, hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain Hijab adalah sesuatu yang menutupi sesuatu.

Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab.

Adapun makna lain dari hijab adalah sesuatu yang menutupi atau menghalangi dirinya. Di indonesia sendiri ada banyak macam – macam hijab.

Apa arti jilbab?
jilbab (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab (dalam arti seperti ditunjukkan dalam pengertian hijab di atas)


Jadi, jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59:

“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”

Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab berarti selendang atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada dan bagian belakang tubuhnya.

Dari keterangan diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Sedangkan hijab adalah suatu pembatas atau aling-aling yang menutupi aurat. Memang terkadang dalam penggunaannya, kata hijab diartikan sebagai jilbab.

Apa arti khimar?
Khimar atau khumur atau kerudung (kudung, tudung dalam bahasa jawa) di dalam Al-Qur’an kerudung disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31: “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31)

Khimar menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).


Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).

Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi.

Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebenarnya dua hal ini berbeda. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.

Apa perbedaan antara khimar dan kerudung atau kudung?
Kerudung hampir mirip dengan khimar, namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, desain kerudung cuma sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai penutup kepala, tidak sepanjang khimar yang mampu menutupi dada wanita sekaligus.

Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, Namun bentuk lekuk tubuh pada bagian leher dan dada masih terlihat.


Demikian sedikit penjabaran tentang Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung yang semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.. Sumber : trenzcorner.net