Hati-Hati, Kini Beredar Permen Narkoba yang Mengintai Anak-Anak. Berikut Ciri Permen Tersebut - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Hati-Hati, Kini Beredar Permen Narkoba yang Mengintai Anak-Anak. Berikut Ciri Permen Tersebut

Netizen Indonesia dihebohkan dengan beredarnya permen narkoba dikalangan para remaja. Hal ini tentu mengusik kehidupan sosial masyarakat, khususnya para orang tua yang memili anak-anak masih kecil ataupun masih remaja. Bukan tidak mungkin banyak hal tidak diinginkan terjadi akibat dari pengaruh narkoba tersebut.

Permen narkoba ini sangat susah dibedakan dengan permen-permen biasa, terutama bagi orang awam pasti akan kesulitan. Lebih parahnya permen narkoba dijual dengan harga relatif sangat murah yaitu 1000 – 3000 rupiah. Dengan begitu sangat mudah dijangkau oleh para remaja. Menurut kepala BNN Bogor, meskipun sulit membedakan permen narkoba dengan biasa, salah satu patokannya ialah dengan melihat perilaku seorang anak yang kerap berubah.


Beberapa perubahan yang sering terlihat apa seorang anak, seperti yang tadinya ceria sekarang lebih pendiam. Kebutuhan jajan akan terus meningkat, karena efek ketagihan membeli permen narkoba, terlebih bila mereka sudah mulai kecanduan. Jika kebutuhan jajan tidak terpenuhi pada akhirnya mereka akan mencari jalan keluar untuk mendapatkan uang seperti mencuri, melakukan tindakan criminal dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri permen yang diduga mengandung narkoba :

1. Permen berbentuk gagang dengan kemasan berlabel Cannabis, permen ini diduga mengandung ganja.

2. Lolipop warna-warni mengandung bahan pembuat sabu-sabu.

3. Strawberry meth atau strawberry quick merupakan narkoba kristal berbentuk bulat mirip permen pop rock rasa strawberry.

4. Berbentuk permen karet. Permen ini merupakan hasil olahan ekstasi dan dikemas dengan bungkus kartun lucu dengan merek permen karet yang biasa dijumpai.

5. Lysergic Acid Diethylamide (LSD) yaitu permen berbentuk sebesar perangko, bergambar kartun lucu dan colorfull. Permen narkoba ini mengandung zat lisergida.

6. Permen magic pop, mirip pop rock dan mengandung amphetamine.

Tingkatkan kewaspadaan dalam memberikan jajanan terhadap anak-anak kita, termasuk dalam hal memberi makanan ringan. Semoga bermanfaat.


Sebagai orang tua maupun saudara kandung yang lebih dewasa sudah seharusnya untuk selalu memantau anak-anak (adik-adik) dan selalu mewaspadai jika mulai muncul hal-hal aneh. Semoga bermanfaat dan membantu Anda semua.