Inilah Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan Melimpah Ruah - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan Melimpah Ruah

Semua orang pasti ingin kaya atau setidaknya memiliki harta. Banyak cara yang dilakukan agar bisa memperoleh pundi-pundi kekayaan, baik cara negatif atau cara positif. Dengan cara positif salah satunya yaitu dengan berdoa. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa Nabi Sulaiman As merupakan salah satu Nabi yang kekayaannya sangat melimpah. Pastinya doa agar cepat kaya seperti Nabi Sulaiman semua orang ingin mengetahuinya.



Selain dikaruniai harta benda yang banyak, Nabi Sulaiman juga diberikan berbagai macam mukjizat seperti mengendalikan angin, jin, berbicara dengan hewan dan lain-lain.

Mukjizat itu semua tentunya diberikan kuasa oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya yaitu Sulaiman As. Jin, hewan, angin, manusia dan lain-lain tunduk kepada Nabi Sulaiman atas izin Allah SWT. Bahkan singgasan Ratu Saba’ hanya sekejap dipindahkan oleh para jin-jin untuk memperlihatkan dihadapannya. Ratu Saba’ pun memutuskan masuk Islam karena kagum dengan mukjizat Nabi Sulaiman dan karena Allah SWT. Ratu Saba’ pada awalnya merupakan seorang Ratu penyembah matahari.

Doa Nabi Sulaiman hingga diberikan kekayaan oleh Allah SWT terdapat dalam Al Qur’an yang artinya :
"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". (Shaad: 35).

Kemudian Allah SWT menjawab dan mengabulkan permohonan Nabi Sulaiman As. Allah melimpahkan kekayaan yang tiada tara sangat besar kepada Nabi Sulaiman. Dalam ayat Al Qur’an juga diceritakan tentang kehidupan Nabi Sulaiman tentang kekayaan, kekuasasan hingga pengetahuan Nabi Sulaiman As.

Sesudah Allah SWT memberikan kekuasaan dan kekayaan yang sangat luar biasa, membuat Nabi Sulaiman As menjadi semakin bersyukur atas nikmat yang luar biasa tersebut. Dan karena rasa syukurnya yang mendalam, Nabi Sulaiman berdoa dan terdapat dalam Al Qur’an yang artinya :

"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni'mat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (QS An Naml: 19)

Penjelasan doa-doa Nabi Sulaiman di atas (yang terdapat dalam Al Qur’an)
Doa-doa yang terdapat dalam Al Qur’an diatas sangat dianjurkan dan baik untuk dibaca atau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini untuk menumbuhkan rasa syukur kita semua kepada Allah SWT atas apa yang diberikan oleh Allah selama ini, supaya kita termasuk ke dalam golongan-golongan yang beramal saleh di dunia dan mendapatkan kemenangan pada hari akhirat nanti. Amalkan surah-surah tersebut agar dilimpahkan rezeki oleh Allah SWT.

Himah dari doa-doa Nabi Sulaiman As
Bagi sahabat semua yang sudah diberikan rezeki oleh Allah SWT janganlah menjadi orang yang lupa diri, jangan lupa memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas apa yang kita peroleh selama ini. Sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman dalam ayat diatas. Nikmat, kekayaan dan rezeki semata pemberian Allah SWT sebagai bentuk ujian kepada hamba-Nya. Allah menguji kita apakah menjadi hamba yang bersyukur atau seorang hamba yang lupa kepada Sang Pencipta Allah SWT, Naudzubillah.

Sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa kesuksesannya merupakan buah hasil kerja keras selama ini, padahal ia tidak mengetahui bahwa Allah SWT yang menitipkan kesuksesan dan kekayaan sebagai ujian hidup. Sungguh merugi orang seperti ini sama seperti kisah Qarun yang mengingkari Allah SWT atas kekayaan yang diperolehnya, Naudzubillah.


Alangkah indahnya mengatakan kekayaan dan kesuksesan yang kita dapat merupakan titipan Allah SWT yang bentuknya sementara dan selalu bersyukur kepada Allah atas apa yang kita miliki meskipun nilainya sangat kecil. Dengan begitu Insya Allah kita semua termasuk kedalam golongan orang yang beruntung, Amiin. Semoga bermanfaat.