Inilah Doa yang Selalu Dipanjatkan Rasulullah Pada Saat Pagi dan Petang - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Doa yang Selalu Dipanjatkan Rasulullah Pada Saat Pagi dan Petang

Semua orang berhak berdoa kepada Allah SWT apapun itu selama untuk kebaikan dirinya dan juga kebaikan saudara-saudaranya. Diluar konteks kebaikan ada pembahasan lainnya nanti.

Dalam praktek, berdoa bebas dalam bahasa apa saja karena Allah SWT Maha Kaya, Maha Pendengar, Maha Mengerti Bahasa semua Hamba-Nya dan Maha Segala-galanya. Janganlah pernah ragu untuk menyempatkan diri untuk berdoa.


Rasulullah SAW juga rutin berdoa pada pagi dan petang hari. Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan doa ini, entah di pagi hari ataupun di sore atau petang.

“Allahumma inni as­alukal 'afiyah fiddunya wal akhiroh. Allahumma inni as­alukal 'afwa wal 'afiyah fi diniy wa dunyaya wa ahliy wa maliy”

Artinya : "Ya Allah aku memohon kepada­Mu keselamatan baik di dunia dan akherat, Ya Allah aku memohon kepada­Mu ampunan, juga keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku”.

Sementara dalam hadist riwayat Tirmidzi, Muadz bin Rifa’ah menyebutkan bahwa bahwa suatu hari Abu Bakar berdiri di atas mimbar dan kemudian menangis serta berkata:

Sungguh Rasulullah SAW berdiri di atas mimbar pada hijrah yang pertama. Setelah itu beliau menangis dan bersabda: “Mintalah kepada Allah Subhanahu
Wa Ta’ala ampunan (afwa) dan keselamatan (afiyah).

Sesungguhnya seseorang tidak diberikan sesuatu setelah keyakinan (iman) yang lebih baik dari keselamatan (afiyah).

Adapun teks doa yang dibacakan oleh Abu Bakar radhiyallahu ‘Anhu yakni,

“ Allahumma inni as­alukal 'afwa wal 'afiyah. “

Secara bahasa, afiyat memiliki arti perlindungan dari Allah bagi hambaNya atas segala macam tipu daya dan bencana.

Dalam hadist lain diterangkan juga tentang keutamaan dari doa tersebut bagi seorang hamba, sebagaimana hadist dari Abi Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu.
Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Tidak ada doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba yang lebih baik dari “Ya Allah aku memohon kepadamu afiyat di dunia dan akhirat.” (HR Ibnu Majah).

Sementara dalam hadist dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: “Doa diantara adzan dan iqomah tidak akan ditolak.” Para sahabat kemudian bertanya: “Lantas doa apakah yang harus kami ucapkan Ya Rasulullah?”

Rasulullah kemudian menjawab: “Mintalah afiyat/keselamatan di dunia dan akhirat.” (HR Tirmidzi)

Demikianlah sahabat renungan Islam doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW setiap pagi dan petang. Baginda Rasulullah SAW tidak pernah melewatkannya. Semoga kita semua bisa mencontoh Rasulullah sebagai suri tauladan dan junjungan alam sekalian. Insya Allah dengan berdoa penuh rasa keikhlasan dan tabah akan dikabulkan Allah SWT. Amiinn.

Semoga bermanfaat, Jazakallah.