Kisah Suami Kikir yang Meminta Uangnya di Kubur Bersama Dirinya Ketika ia Meninggal. Inilah yang Dilakukan Istrinya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Kisah Suami Kikir yang Meminta Uangnya di Kubur Bersama Dirinya Ketika ia Meninggal. Inilah yang Dilakukan Istrinya

Alkisah ada seorang laki-laki sudah bekerja keras selama hayatnya, dan ia menyimpan semua hartanya juga termasuk uangnya.

Didalam hidupnya ia terkenal sangat kikir jika berkenaan dengan uangnya sendiri. Ia begitu mencintai uangnya lebih dari apapun di dunia ini. Sebelum ia meninggal, ia berpesan kepada istrinya :

Ilustrasi
“Istriku, dengarkan baik-baik, ketika tibanya diriku ini meninggal nanti, aku ingin kamu mengambil seluruh uangku dan letakkan semuanya di dalam peti jenazahku bersamaku nanti. Aku ingin membawa semua uang tersebut ke akhirat.”

Sang istripun berjanji akan memenuhi permintaan suaminya meskipun sangat konyol.

Tibalah ia meninggal dunia. Pada hari pemakaman, jenazah laki-laki tersebut ditempatkan didalam sebuah peti mati, sedangkan istrinya duduk disamping bersama teman-teman selama hidupnya. Pada saat pemakaman akan dimulai, peti jenazahpun segera dimasukkan ke liang lahat, kemudian ia berkata:

“Tunggu Sebentar”

Sang istri memegang sebuah kotak sepatu dan secara perlahan maju ke pinggir liang lahat untuk menaruh kotak tersebut ke dalam peti jenazah yang juga berisi uang menurut penuturan dirinya. Kemudian ia mengizinkan peti jenazah yang ada almarhum suaminya untuk dikebumikan.

Temannya berkata: ‘Aku harap kamu tidak cukup gila untuk menaruh semua uang ke dalam sana dengan laki-laki pelit itu’.

Kemudian teman-temannya bertanya “ Aku berharap kamu tidak cukup gila untuk meletakkan semua uang  uang ke liang lahat sana bersama suami mu yang pelit itu”.
Lantas sang istri itu menjawab “ Sebenarnya Aku sudah berjanji, dan tidak dapat menyembunyikan kenyataan ini. Aku sudah berjanji pada suamiku jika ia meninggal semua uangnya akan berada di dalam peti jenazahnya”.

Teman-temannya bertanya lagi “ Maksud dirimu meletakkan semua uang ke dalam peti jenazahnya”.

Tentu saja Aku melakukannya, sergah sang istri.

Aku menaruh semua uangnya dan menaruh ke dalam akunku dan membuat cek untuk almarhum suamiku”.

*Pesan Moral*

Sebagian sahabat pasti tertawa. Kisah ini hanyalah fiktif belaka saja. Penulis ingin mengajak sahabat semua untuk tidak memikirkan dunia. Dunia ini hanya sementara saja, masih panjang perjalanan kita nanti setelah meninggal mulai dibangkitkan sampai menuju Surga dan Neraka.

Dari kisah ini, ada pesan yang sangat baik, janganlah jadi orang yang kikir atau pelit. Karena sifat ini sangat dimurkai oleh Allah SWT. Sifat kikir akan menjerumuskan manusia ke lembah kesesatan. Mari mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat.