Masya Allah, Ternyata Menemani Istri Berbelanja Pahalanya Lebih Besar Daripada Iktikaf di Masjid Nabawi - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Masya Allah, Ternyata Menemani Istri Berbelanja Pahalanya Lebih Besar Daripada Iktikaf di Masjid Nabawi

Benarkah pahala mengajak Istri Jalan-jalan lebih besar pahalanya dibandingkan berdiam diri di Masjid (ber iktikaf) Nabawi sebulan penuh.

Apa yang anda dapatkan jika dengan ikhlas menemani seorang sahabat atau orang terdekat anda membeli barang barang kebutuhan sehari hari? Pasti banyak yang berfikir bahwa apa yang telah kita lakukan hanya berbalas pahala dan ucapan terima kasih saja.

Ilustrasi

Yang pastinya sebagai suami bila mempunyai waktu luang lebih baik menemani istri pergi berbelanja karena akan berbuah pahala besar bukan hanya ucapan terimakasih saja dari sang istri.

Jika Anda seorang suami dengan penuh rasa ikhlas menemani istri pergi berbelanja baik kepasar, menemani ke supermarket ataupun berbelanja membeli baju baru (bagi yang bercekupan), Allah SWT akan membalasnya dengan ganjaran pahala yang besar.

Simak hadits Rasulullah SAW dibawah ini :

"Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (muslim) di dalam sebuah keperluan lebih aku cintai dari pada aku beriktikaf di dalam masjid ku (masjid Nabawi) ini selama sebulan." (HR. Ath-Thabarani)

Syaikh Muhammad bin shalih Al-Ustaimin rahimahullah berkata,

"Menunaikan kebutuhan kaum muslimin lebih penting dari pada iktikaf, karena manfaatnya lebih menyebar, menfaat ini lebih baik daripada manfaat yang terbatas (untuk diri sendiri). Kecuali manfaat terbatas tersebut merupakan perkara yang penting dan wajib dalam Islam (misalnya shalat wajib)."

Bagaimana sahabat laki-laki, begitu besar pahala yang diberikan bahkan lebih besar daripada iktikaf di Masjid Nabawi selama satu bulan penuh. Sungguh mulia bagi kita jika melakukan hal tersebut.

Bersama siapa lagi Anda sebagai suami melakukannya jika bukan menemani istri Anda sendiri yang merupakan sahabat paling dekat di dunia ini.
Bagi sahabat yang belum menikah, seperti penjelasan hadis Rasulullah, menemani sahabat dekatpun mendapat ganjaran pahala yang sama.

Rasullulah SAW bersabda yang artinya; "Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya." (HR At-Thirmidzi)

Sebagai suami, Anda harus mendahulukan istri daripada sahabat. Sebagai suami harus lebih peka dengan keinginan istri ataupun anak-anak Anda. Merekalah yang paling berhak mendapatkan kebaikan dari dirimu para suami selain Ibu kandungmu di muka bumi ini.

Mulai sekarang jangan menyepelekan menemani istri untuk pergi berbelanja. Sekalipun Anda mempunyai pekerjaan yang super sibuk, sempatkan diri untuk bersama istri dan anak-anak Anda. Insya Allah, pahala besar selalu datang dari Allah SWT. Amiinn

Wallahu a’lam, Jazakallah.