Subhanallah, Ternyata Inilah Ikan yang Bisa Hidup Tanpa Air - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Subhanallah, Ternyata Inilah Ikan yang Bisa Hidup Tanpa Air

Sebagian dari Anda mungkin tidak habis berpikir tentang ikan yang bisa hidup didarat dan tanpa air. Secara logika, semua jenis ikan baik tawar dan asin memerlukan air sebagai habitat utamanya. Ternyata ada jenis ikan yang bisa hidup di darat tanpa air dengan cara berhibernasi. Ikan tersebut adalah ikan Lungfish. Ikan ini diceritakan dalam Al Qur’an yaitu Surat Al Kahfi. Apakah buktinya, baca lebih lanjut.

Ibnu Abas menceritakan bahwa ia mendengar sabda Rasulullah SAW ketika Allah menanyai Musa siapakah yang paling berilmu. Musa menjawab bahwa ia yang paling berilmu. Mendengar jawaban Musa, Allah meminta ia pergi untuk menemui hamba-Nya yang saleh yang lebih berilmu daripadanya, dengan membawa seekor ikan dalam wadah. Allah bersabda kepadanya, bila nanti ikan itu menghilang, maka di situlah Musa akan bertemu hamba-Nya yang saleh.

Ikan Hidup Tanpa Air
Kemudian Nabi Musa As bepergian bersama seorang murid yang juga sebagai pembantunya yaitu Yusya. Pada saat kelelahan mereka beristirahat dengan sejenak. Pada saat itu ikan yang dibawa Yusya sebagai bekal makanan tiba-tiba terjatuh ke dalam air, secara perlahan ikan tersebut berhasil kembali ke laut dengan cara sedikit aneh. Yusya sempat melihatnya, ia sangat terpukau dengan kebesaran Allah SWT, hingga ia kembali tertidur dan Yusya lupa menceritakan kejadian tersebut kepada Nabi Musa As.

Selanjutnya mereka meneruskan perjalanan, ditengah perjalanan Yusya bercerita tentang kejadian tadi. Mendengar cerita tersebut, Nabi Musa seperti menyadari sesuatu, bahwasanya Nabi Musa sudah berada pada tempat hamba Allah yang saleh itu. Lalu selanjutnya mereka kembali ke tempat peristirahatannya semula.

Ketika Musa dan Yusya tiba di tempat itu, yang mereka lihat adalah seorang hamba Allah dengan jubah putihnya. Lalu, Musa mengucapkan salam padanya. Kemudian Khidir menanyakan darimana Musa berasal dan siapakah ia. Musa mengatakan padanya bahwa ia memang bermaksud menemui Khidir, supaya Khidir mengajarkan padanya ilmu dan kebijaksanaan yang lebih kepadanya. Dengan tegas Khidir memberi tahu Musa, bahwa ilmu yang ia miliki adalah karunia dari Allah yang diajarkan kepadanya, namun tidak kepada Musa. Dan sebaliknya, apa yang telah Allah ajarkan pada Musa, Khidir pun tak mengetahuinya. Kemudian Musa menyampaikan bahwa ia tak sabar untuk segera mengikutinya. Dan Khidir pun mengingatkannya, bahwa Musa tak boleh menanyakan apapun juga sampai hal itu dijelaskan padanya.

Pada perjumpaan tersebut Nabi Musa lupa tentang ikan yang jatuh dan hilang tadi.

Ikan tersebut diceritakan dalam Surat Al Kahfi sebagai tanda dan bukti kebesaran Allah SWT, yaitu ikan bisa hidup tanpa air. Ikan ini mampu berhibernasi dan masuk ke dalam tanah. Tentu ini menjadi cara paling aneh bagi ikan. Mengapa ikan tersebut bisa sepert itu, karena ini adalah bukti kekuasaan Allah SWT dengan segala kebesaran, keesaan-Nya, apa menurut manusia tidak mungkin terjadi, bagi Allah SWT hanya ‘kun fa ya kun’ hanya dalam sekejap bisa terjadi.

Demikianlah sahabat renungan Islam tentang ikan yang bisa hidup tanpa air yang terdapat dalam Al Qur’an. Mari sahabat semua senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Semoga bermanfaat.