Teruntuk Istri. Amalkanlah Doa Ini Supaya Suami Mendapatkan Pekerjaan Layak dan Karir Bagus - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Teruntuk Istri. Amalkanlah Doa Ini Supaya Suami Mendapatkan Pekerjaan Layak dan Karir Bagus

Sudah sebagai suami untuk memimpin dan membina sebuah rumah tangga dan keluarga. Suami memiliki tanggung jawab yang besar menjalankan perannya sebagai kepala rumah tangga. Salah satunya ialah mencari rezeki dengan cara bekerja, dan pastinya rezeki yang halal.

Namun, bagaimana jika suami Anda tidak bekerja, dan tidak bisa menjalankan kewajibannya untuk mencari nafkah yang diberikan untuk istri serta anak-anaknya.

Banyak hal mengerikan ketika suasana seperti ini terjadi. Peristiwa yang kerap melanda keluarga dengan kondisi demikian adalah pertengkaran antara suami istri yang tiada hentinya.

Ilustrasi Kerja
Bila suami tidak segera mendapat pekerjaan banyak kejadian bisa terjadi dalam sebuah rumah tangga yaitu salah satunya penyebab terjadi pertengkaran antara Istri dan Suami. Secara tidak langsung akan berefek kepada psikologis anak-anak.

Ujung-ujungnya kalau bertengkar terus-terusan niat membangun rumah tangga sakinah, mawaddah dan warrahmahpun tidak kesampaiaan.


Suami adalah pemimpin keluarga bukan sekadar omongan, tapi juga dinaskan dalam kitab pemeluk agama Islam, Al Quran, sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah SWT: “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita” (QS. 4:34),

Maksudnya ialah sebagai pemimpim dalam pengaturan, pengajaran, menjaga dan kendali di rumah terhadap istri dan juga anak-anaknya.

Tugas istri ialah memenuhi kewajibannya dalam melayani dan mematuhi suami. Serta paling penting menjaga kehormatan diri. Dalam Islam tidak ada larangan bila dua pasang manusia yang sudah akil baligh bisa melangsungkan pernikahan meskipun ekonominya belum mapan. Dan nikah pastinya menjaga seseorang dari perbuatan zina yang amat hina.

Secara agama, menikah itu merupakan salah satu Ibadah yang mendapat nilai pahala di sisi Allah SWT. Bahkan dengan menikah salah satunya sebagai pembuka pintu reszeki.

Mari simak kisah pada zaman dahulu.

Pernah dahulu, putri Abu Bakar R.A yakni Asma R.A bercerita:

“Ketika saya menikah dengan Zubair, dia tidak memiliki harta apa pun. Tidak mempunyai tanah, tidak mempunyai pembantu untuk meringankan perkerjaan juga tidak memiliki sesuatu apa pun. Dia hanya memiliki seekor kuda dan seekor unta yang setiap hari harus saya bawakan rumput dan minumnya….” (HR. Bukhari).

Begitulah gambaran pernikahan di zaman Rasulullah SAW. Asma binti Abu Bakar tidak menolak pinangan Zubair yang tidak memiliki sesuatu apa pun kecuali seekor kuda dan unta.

Yang perlu dicamkan adlaah pernikahan antara Asma dan Zubair pada saat itu mereka menjalani rumah tangganya tanpa berkeluh kesar, terlebih kerap bertengakar.

Pernikahan mereka benar-benar dengan penuh keikhlasan dengan mengharap ridha dari Allah SWT.

Asma sangat sabar mencarikan rumput dan mengambilkan air untuk makan dan minum kedua hewan peliharaan suaminya.

Kesabaran ini akhirnya membuahkan hasil, Allah SWT membukakan pintu rezekinya bagi keluarga mereka.

Pada saat Rasulullah SAW Hijrah ke Madinah, Baginda Rasul memberikan hadiah sepetak tanah kepada zubair untuk ditanami pohon kurma.

Ayahnya Asma R.A pun memberikan seorang pembantu yang dapat meringankan pekerjaannya.

Akhirnya kehidupan keluarga Asma berangsur-angsur membaik.

Sabar seperti inilah yang wajib ditiru ketika memutuskan memiliki suami yang belum memiliki pekerjaan tetap. Senantiasa selalu sabar dan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan rezeki yang berkecukupan.

Jangan sampai lupa untuk mensyukuri setiap rezeki yang diberikan Allah SWT ketika suami membawa nafkah walaupun kadarnya sedikit.

Jangan sampai merasakan kekurangan, mengapa harus takut kekurangan sedangkan kita hamba dari Maha Yang Sangat Kaya.

Untuk Istri rutinkanlah membaca do’a di bawah ini di waktu-waktuyang mustajab. Mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan do’a ini sehingga suami Anda segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin.

Inilah Doanya:

“Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiid ya mubdiu ya muiid ya rahiimu ya waduud aghnina bihalaalika’an haraamika wa bifadhlika ‘amman siwaaka.”

Artinya:
Ya Allah Tuhanku yang Maha Kaya dan Maha Terpuji. Tuhan yang menakdirkan dan yang mengembalikan, yang Maha Kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan. Berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.

Baca Juga

Itulah doa Mustajab yang bisa diamalkan istri supaya suami membawa pulang rezeki atau nafkah di jalan yang halal dan diridhai Allah SWT. Semoga bermanfaat bagi semua.