Tidak Perlu Menunggu Mapan Untuk Membahagiakan Orang Tuamu. 10 Hal Ini Kamu Lakukan Sekarang Supaya Orang Tuamu Bahagia - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Tidak Perlu Menunggu Mapan Untuk Membahagiakan Orang Tuamu. 10 Hal Ini Kamu Lakukan Sekarang Supaya Orang Tuamu Bahagia

Beberapa diantara kamu pasti mempunyai pikiran seperti ini :

“Kapan ya bisa membahagiakan orangtua ? Tapi hidup belum mapan”

“Kapan ya, bisa membawa orangtua untuk liburan ? tapi, uang pas-pasan”

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu biasanya bagi seseorang yang pesimistis. Tahukah kamu, untuk membahagiakan orangtua banyak hal yang bisa dilakukan. Pastinya kebahagiaan itu terletak bukan pada saat dirimu mempunyai banyak *uang*. Kebahagiaan sangat sederhana, lebih sederhana dari pemikiranmu.


Inilah 10 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Orangtuamu Bahagia :

1.Kamu bisa mengabarkan ke orangtuamu kalau kamu sekarang berada di tempat kerjamu dan ceritakan tentang tempat kerjamu.

Jangan lupa menceritakan atau sekedar mengabarkan kalau dirimu sedang bekerja. Terlebih jika kamu akan berangkat kerja keluar kota. Segera telpon orangtuamu untuk memberitahukannya.

2.Sebaiknya kamu menelepon Ibumu dan katakana dirimu sangat kangen masakan buatan Ibumu.

Meskipun hal ini sepele, jika kamu anak rantauan pasti selalu kangen dengan masakan ibumu. Teleponlah dirinya barang seminggu sekali (minimal). Kamu bisa mengatakan, “Bu, masakan Ibu paling top deh, disini makanannya kurang enak”.

3.Apapun pekerjaan Ayahmu, tanyakan kabarnya, bagaimana pekerjaannya sekarang. Dan jangan lupa tanyakan kesehatan Ayahmu.

Meskipun Ayahmu hanya sebagai petani, pekebun atau lainnya. Tanyakan bagaimana hasil kebunnya atau lain-lain. Pastikan kesehatan untuk selalu dijaga.

4.Disaat dirimu mendapat kesempatan untuk libur, pulanglah ke rumah orangtuamu dan berikan mereka kejutan sebagai obat rindu.

Jangan terlalu mengedepankan egomu sendiri. Jika ada beberapa hari bisa libur tinggalkan kesempatanmu yang lainnya, pulanglah ke rumah orangtuamu, kesempatan libur sangat baik untuk menemui mereka dan menghabiskan waktu bersama mereka.

5.Saat pulang ke rumah orangtuamu, jangan lupa bawa makanan dan minuman favorit mereka.

Tidak perlu makanan yang mahal. Paling penting makanan atau minuman itu favorit kedua orangtuamu. Itu sudah lebih dari cukup.

6.Tiba waktunya berkumpul, luangkan waktumu untuk mengobrol dengan kedua orangtuamu.

Pastinya kamu akan bercerita banyak hal tentang pekerjaanmu atau kehidupanmu ditanah rantau sana. Disamping itu kamu pasti akan rindu mendengar cerita dari Ayah dan Ibumu.

7.Jangan lupa, ada beberapa hari penting orangtuamu seperti hari ulang tahun mereka, hari pernikahan mereka dan khusus Ibu ada hari Ibu yang diperingati seluruh dunia.

Tidak perlu merayakan dengan membuat acara mewah, hadirnya dirimu ditengah-tengah mereka, membuat kedua orangtuamu bahagia.

8.Disaat dirimu bersama orang tuamu, utamakan kebersamaan, tinggalkan sejenak smartphone yang selalu kamu pegang setiap hari.

Smartphone memang membunuh rasa sosial beberapa orang. Namun, simpanlah smartphone supaya orangtuamu leluasa mengobrol santai denganmu.

9.Ceritakan momen kebahagian kepada orangtuamu.

Adakalanya pada saat kamu diperantauan mendapat pekerjaan luar biasa atau mendapat promosi dari pekerjaan. Berbagilah cerita moment-moment itu pada kedua orangtuamu.

10. Pokok dari segala pengobatan kerinduan dan kebahagian orangtua, mintalah doa dan restu dari orangtua, supaya langkah kakimu selamat dunia dan akhirat.

Sebagai Muslim, kita mengetahui doa dari Ibu dan Ayah tidak ada pembatas. Maka, mintalah doa dan restu dari mereka. Sedikit banyak kamu menjadi anak yang taat, saleha atau salehah.


Itulah beberapa 10 hal yang bisa kamu lakukan supaya orang tuamu bahagia tanpa menunggu mapan terlebih dahulu. Jangan menunda lagi, lakukanlah beberapa hal dari 10 hal diatas.