Ustadz Yusuf Mansur: 10 Dosa Besar Ini Menghambat Rezeki Anda - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ustadz Yusuf Mansur: 10 Dosa Besar Ini Menghambat Rezeki Anda

Tidak banyak yang mengetahui ataupun tersadar bahwa rezeki bisa saja terhalang akibat perbuatan manusia itu sendiri. Ada juga yang bertanya-tanya, mengapa rezeki hanya begitu-begitu saja tidak pernah bertambah sedikitpun padahal sudah berusaha semampu mungkin. Padahal pada kenyataannya banyak perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT masih dilakukan manusia. Dosa-dosa itulah menyebabkan terhalangnya rezeki.

Dalam tausiah Ustadz Yusuf Mansur, Beliau mengatakan ada 10 jenis dosa besar bisa menghambat rezeki seseorang. Dosa tersebut ada dosa langsung kepada Allah SWT dan juga dosa sesama manusia.

Berikut ini dosa-dosa besar yang bisa menghambat rezeki seseorang :


1. Syirik (Menyekutukan Allah)
Syirik adalah dosa besar penghalang rezeki, syirik adalah dosa yang tidak diampuni. Apabila ada orang yang meninggal dalam keadaan masih syirik maka ia akan berada dalam neraka selamanya.

2. Meninggalkan Ibadah Shalat
Shalat merupakan kewajiban Muslim kepada Allah SWT. Bagi yang meninggalkannya tentu akan mendapatkan dosa yang besar. Sebagai seorang Muslim/ Muslimah, selalu penuhi panggilan Allah pada saat azan berkumandang. Segera melaksanakannya tanpa menunda-nundanya.

3. Durhaka Kepada Kedua Orang Tua
Sampai sekarang Surga masih dibawah telapak kaki Ibu. Bagi seorang anak laki-laki kewajiban paling utama adalah terhadap Ibunya di dunia ini. Dan kepada Ayahnya. Dalam sebuah hadits, bahkan Rasul menyebutkan Ibu sampai 3 kali baru kemudian Ayah. Berbaktilah kepada kedua orangtua sampai akhir hayat.

4. Perbuatan Zina
Bagaimanapun jangan pernah melakukan zina. Hukuman orang yang berzina sangatlah berat dan juga termasuk dari dosa besar.

5. Memperoleh Rezeki Haram
Jangan sama sekali mencari rezeki yang haram, tidak akan bagus bagi kehidupan Anda. Sesuatu yang haram akan diberikan ganjaran dosa yang besar. Semampu mungkin carilah rezeki yang halal meskipun nilainya sangat kecil. Rezeki haram juga termasuk salah satu penghalang rezeki yang halal.

6. Minum Khamr (Minum Minuman Memabukkan)
Minuman keras atau khamr merupakan minuman yang memabukkan. Terdapat banyak hal yang mudharat pada khamr ini. Allah SWT sudah jelas mengharamkan minuman yang memabukkan. Sebagai muslim yang taat senantiasa menjauhinya.

7. Memutuskan Tali Silaturahim
Tidak sedikit kaum Muslimin yang memutuskan tali silaturrahim dengan saudara-saudaranya. Padahal ini merupakan salah satu penghalang rezeki. Sebaiknya mari mempererat tali persaudaraan sesama kaum Muslim.

8. Menuduh dan Bersaksi Palsu
Hati hati dengan ucapan anda, mulutmu harimaumu. Terkadang mulut susah untuk dikendalikan, tapi cobalah berkata yang baik atau diam.

9. Kikir dan Pelit
Pelit atau Kikir merupakan salah satu faktor yang bisa menghalangi rezeki. Jadilah seseorang yang dermawan, sisakan sedikit rezeki untuk bersedakah dijalan Allah.

10. Ghibah atau Gosip
Inilah yang paling sering terjadi sekarang. Ghibah atau bergossip memang sangat identik dengan kaum perempuan. Namun sebagian kaum pria juga ikut terjerumus dalam ghibah seperti pada saat bersama teman-temannya. Bahkan sekarang banyak program televisi yang memunculkan program ghibah yaitu acara gosip.


Demikianlah sahabat renungan Islam tentang 10 Dosa Besar yang menghambat Rezeki Seseorang. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Jazakallah.