Ingin Wajah Cantik Alami, Inilah Resep Rahasia dan Cara Membuat Masker Putih Telur - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ingin Wajah Cantik Alami, Inilah Resep Rahasia dan Cara Membuat Masker Putih Telur


Telur memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita, terbukti dari banyaknya kandungan protein yang tersedia didalam putih maupun kuning telur. Biasanya, para binaragawan akan mengkonsumsi hingga puluhan telur setiap harinya untuk menjaga asupan protein agar otot yang mereka punya tetap begitu adanya.

Bukan hanya untuk kesehatan, telur juga bermanfaat untuk kecantikan seorang wanita. Kandungan nutrisi yang ada pada telur memberikan efek baik bagi kecantikan, manfaat ini akan didapatkan jika penggunaannya benar dan tepat. Biasanya, didalam dunia kecantikan telur yang digunakan hanyalah putih telur dan sering dijadikan masker.

Masker putih telur terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan wajah. Hal ini terbukti karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada putih telur, dan lagi putih telur tidak memiliki kandungan lemak (0 kalori) meskipun akan kalah jika dibandingkan dengan protein yang ada pada kuning telur. Tetapi hal itu tidak menjadi alasan utama seseorang tidak menggunakan putih telur sebagai pembuatan masker wajah, karena putih telur juga memiliki protein yang hampir sama dengan kuning telur.

Kombinasi Putih Telur + Jeruk Nipis
Pembuatan masker putih telur dan jeruk nipis sangat berguna untuk mencerahkan wajah. Seperti yang Anda ketahui, bahwa jeruk memiliki banyak sekali vitamin C yang baik bagi kulit wajah. Di antaranya adalah untuk mengencangkan serta mencerahkan kulit wajah wajah. Resep yang digunakan pun sangat tidak susah untuk dijumpai dikehidupan sehari-hari. Berikut resep pembuatan masker putih telur dan jeruk nipis, beserta cara membuatnya.

- 1 Buah jeruk nipis
- 1 Butir putih telur

Cara Membuat
- Pertama-tama pisahkan putih dengan kuning telur, lalu putih telur di kocok hingga muncul banyak busa. Atau kata lain hingga merata.
- Peras jeruk nipis yang sudah disiapkan tadi kedalam kocokan putih telur
- Aduk lagi hingga benar-benar merata

Penggunaannya cukup mudah, pertama Anda harus membersihkan hingga bersih area wajah yang akan ditempeli masker putih telur dan jeruk nipis ini. Setelah wajah bersih, kini oleskan secara merata putih telur dan campuran jeruk nipis ke atas permukaan kulit wajah. Tidak perlu terlalu tebal, agar nanti jika sudah mengeras lebih mudah dibersihkan. Jika sudah dioleskan secara merata, tunggu hingga 30 menit sampai 1 jam agar masker putih telur menyerap kebagian dalam kulit wajah.

Jika dirasa masker sudah mulai mengeras, bersihkan dengan air hangat. Air hangat lebih bagus penggunaannya dibandingkan air dingin, karena akan membantu lebih didalam penyerapan masker putih telur kedalam kulit wajah.

Kombinasi Putih Telur + Madu
Penambahan madu pada campuran putih telur untuk digunakan sebagai masker berguna untuk melembutkan serta menyegarkan area permukaan kulit wajah. Biasanya masker putih telur yang dicampur dengan madu cocok untuk wajah normal, tidak berjerawat, serta minyak yang tidak berlebihan. Hal ini disebabkan karena madu memiliki antioksidan yang sangat tinggi.

Resep
- 3 Sendok madu alami
- 1 butir telur ayam kampung

Cara Membuat
- Pisahkan secara benar antara putih telur dan kuning telur.
- Tempatkan putih telur diwadah khusus.
- Campurkan 3 sendok madu secara bersamaan kedalam tempat putih telur
- Kocok hingga dirasa sudah merata.

Penggunaannya sama halnya seperti diatas. Anda hanya perlu mengolesinya secara merata ke area muka, tunggu hingga 20-30 menit hingga kandungan madu dan protein yang ada pada putih telur meresap masuk ke dalam kulit wajah. Tetapi jika menggunakan madu, lebih baik membersihkan masker tersebut dengan air biasa, bukan air hangat. Karena kandungan yang ada pada madu akan mudah hilang jika dibasuh dengan air hangat.

Kombinasi Putih Telur + Lemon
Masker putih telur jika dicampur dengan lemon segar akan berguna untuk menghilangkan minyak berlebihan yang terdapat pada wajah. Area permukaan wajah yang biasanya memproduksi banyak minyak adalah sekitar hidung, dahi dan tulang pipi. Untuk mengatasi minyak berlebihan pada wajah, maka penggunaan lemon dengan Vitamin C yang besar akan sangat membantu.

Resep
- 3 Buah lemon
- 1 butir putih telur ayam kampung

Cara Membuat
- Peras semua buah lemon yang telah disediakan, usahakan daging buah lemon tidak ikut tercampur didalam air perasan lemon tersebut. Untuk itu gunakan saringan atau semacamnya saat memeras buah lemon.
- Kemudian masukkan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuningnya kedalam perasan lemon tersebut.
- Cukup diaduk hingga merata
- Oleskan pada wajah, tetapi kali ini jangan terlalu tipis agar vitamin C yang ada pada lemon ikut terbawa semua kedalam masker
- Penambahan buah lemon memang terbukti ampuh untuk menghilangkan minyak berlebihan pada muka. Tetapi, jika ingin menggunakan masker ini usahakan untuk menghindari daerah sensitif seperti mata dan area bibir, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak di inginkan.

Kombinasi Putih Telur + Tomat
Ternyata, tomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari pada 1 buah jeruk. Semakin matang buah tomat, maka kandungan vitaminnya pun semakin tinggi dan banyak. Buah tomat juga mengandung Lycopene yang berfungsi untuk mencegah rusaknya suatu sel. Penggunaan tomat pada masker wajah memang sangat tepat, karena fungsi tomat yang sangat banyak dan kandungan yang terdapat dalam tomat

Resep
- 1 Buah tomat yang sudah halus
- Yoghurt tawar 1 sendok makan
- 1 Putih telur ayam kampung

Cara Membuat
- Campurkan buah tomat yang sudah halus dengan yoghurt, pastikan benar-benar tercampur
- Kemudian tambahkan putih telur ayam, dan aduk hingga merata
- Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit untuk hasil yang memuaskan
- Setelah semua bahan tercampur. Oleskan masker putih telur dan tomat tadi ke area leher dan kulit wajah dengan merata. Tunggu sekitar 30-50 menit agar masker mengeras, setelah itu bilas dengan air hangat untuk memaksimalkan serapan pada kulit wajah.

Kombinasi Putih Telur + Timun
Penggunaan timun yang dicampur dengan putih telur bermanfaat untuk menghilangkan jerawat maupun noda hitam bekas jerawat pada wajah. Jerawat disebabkan karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebihan pada wajah, dan sel-sel kulit mati yang tidak pernah dibersihkan.

Berikut resep dan cara membuat masker putih telur dan timun:
- 1 Timun ukuran sedang
- 1 Putih telur ayam kampung

Cara Membuat
- Cuci timun yang akan digunakan terlebih dahulu
- Potong bagian atas dan bawah timun yang memiliki banyak kandungan getah
- Parut hingga halus timun tersebut
- Campurkan dengan putih telur dan aduk hingga merata
- Diamkan beberapa saat agar protein yang ada pada putih telur terserap oleh timun, kemudian oleskan pada wajah atau pada bagian jerawat dan bekas jerawat. Lakukan hal ini setiap 2 kali sehari pada waktu siang dan malam sebelum tidur.

Putih telur terbukti ampuh untuk menunjang kecantikan pada wajah. Hal tersebut terkait karena kandungan nutrisi yang terdapat pada putih telur sangat besar, dan sebagian nutrisinya memang sangat pas digunakan untuk kecantikan pada area wajah. Campuran putih telur dengan berbagai bahan diatas dilakukan agar nutrisi dan protein yang didapatkan kulit wajah menjadi lebih maksimal. Karena bahan-bahan diatas memiliki fungsi dan vitamin tersendiri.