Inilah 3 Do'a yang Tidak Akan Dikabulkan Oleh Allah SWT - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 3 Do'a yang Tidak Akan Dikabulkan Oleh Allah SWT


Inilah 3 Do'a yang Tidak Akan Dikabulkan Oleh Allah SWT

Meskipun semua manusia diperbolehkan untuk berdoa meminta apa saja, namun ternyata ada beberapa doa yang pasti tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal disebabkan karena doa-doa tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam. Lantas apa saja doa-doa yang dimaksud ? Berikut ulasan selengkapnya.

Dalam sebuah riwayat hadits dari Abu Hurairah disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama dia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturrahim dan tidak tergesa-gesa." Seorang sahabat bertanya; 'Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ' Rasulullah saw. menjawab: 'Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; 'Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan'. Setelah itu, dia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.” (HR. Muslim)

Sehingga dari hadits diatas bisa diketahui bahwa doa-doa yang tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT adalah,

1. Berdoa untuk melakukan perbuatan dosa
Doa pertama yang pasti tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT adalah doa yang diucapkan seseorang untuk melakukan perbuatan dosa. Misalnya seseorang berdoa agar diberikan kesempatan mencelakai saudaranya sesama muslim, berdoa saat melakukan maksiat dan sebagainya.

Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk senantiasa berbuat baik terhadap sesama. Bahkan disaat kita memiliki kesempatan untuk mendoakan buruk saudara yang telah berbuat zalim, Allah SWT menjanjikan kemuliaan bagi orang yang mampu menahan amarah dan lisannya dari doa yang buruk.

2. Berdoa untuk memutuskan tali silaturrahim
Adakalanya ketika terjadi silang pendapat dengan sanak saudara, dengan mudahnya seseorang berdoa memutuskan tali silaturrahimnya dengan sang saudara.

Meskipun kita bebas berdoa apa saja, namun bukan berarti doa yang dimaksudkan untuk memutuskan tali silaturrahim akan dikabulkan Allah SWT.

Hal ini sangat dibenci oleh Allah Ta'ala, bahkan Ia melaknat siapa saja pelaku pemutus silaturrahim. Sehingga siapa saja orang yang memutuskan tali silaturrahim dengan saudaranya akan termasuk orang yang sangat merugi. Sebab kelak ia akan masuk ke dalam neraka.Selain itu, orang-orang yang memutuskan tali silaturrahim dianggap sebagai orang yang munafik.

3. Doa yang tergesa-gesa
Doa terakhir yang tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT adalah doa yang tergesa-gesa. Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila seseorang yang berdoa itu mengatakan; 'Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan'. Dan setelah itu, dia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.

Padahal Imam Muslim telah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,
Doa seseorang dari kalian akan senantiasa dikabulkan selama ia tak tergesa-gesa hingga mengatakan; 'Aku telah berdoa kepada Rabbku, namun tak atau belum juga dikabulkan untukku'. [HR. Muslim No.4916].


Selain itu, sebagai seorang muslim sebaiknya kita meyakini bahwa segala sesuatu yang ditetapkan Allah SWT adalah yang terbaik bagi hamba-Nya. Sehingga bila doa yang kita ucapkan tidak dikabulkan oleh Allah Ta'ala, maka yakinlah akan ada sesuatu yang lebih baik yang dipersiapkan Allah bagi hambaNyA.