Inilah Alasan Ilmiah Tidak Boleh Kencing Berdiri yang Jarang Anda Ketahui - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Alasan Ilmiah Tidak Boleh Kencing Berdiri yang Jarang Anda Ketahui


Inilah Alasan Ilmiah Tidak Boleh Kencing Berdiri yang Jarang Anda Ketahui

Sudah menjadi hal yang biasa jika kebanyakan pria melakukan buang air kecil atau kencing dengan cara berdiri. Bahkan, di tempat toilet umum khusus pria pun telah disiapkan tempat yang berbentuk tempat kencing berdiri. Salah satu alasan para pria melakukan kencing dengan berdiri yaitu dapat mempermudah waktu untuk membuka celana sehingga bisa lebih cepat. Namun tahukah anda, terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui seputar cara kencing yang dilakukan dengan cara berdiri tersebut. Hal-hal apa saja yang perlu anda tahu mengenai kebiasaan buang air kecil?

Kencing Berdiri Menyebabkan Penyakit
Salah satu penyakit yang berhubungan langsung dengan kesehatan air seni yaitu kencing batu. Berkembangnya ilmu medis banyak yang meneliti adanya pemicu penyakit tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa kencing sambil berdiri adalah salah satu pemicu utama munculnya penyakit kencing batu. Tak hanya itu saja, disebutkan juga bahwa jika kencing sambil berdiri akan menyebabkan penyakit lainnya seperti lemah syahwat pada sebagian pria.

Dijelaskan bahwa, kebiasaan orang yang kencing dengan berdiri akan mudah terkena lemah batin, sebab sisa dalam pundi-pundi yang tidak terpancar menjadikan kelenjar otot serta urat halus pada sekitar z4kar menjadi lembek dan juga mengendur. Lain halnya jika ketika anda buang air kecil dengan cara jongkok. Posisi jongkok tersebut akan membuat tulang paha di kiri dan kanan merenggangkan himpitan buah z4kar. Dengan begitu akan mempermudah air kencing yang akan dikeluarkan mudah mengalir habis serta mempermudah untuk menekan pangkal buah z4kar sembari berdehem-dehem. Cara tersebut juga akan membantu anda dalam memelihara buah z4kar.

Rasulullah SAW Mengajarkan Kencing Sambil Jongkok
Dalam Islam sendiri, Rasullullah mengajarkan umatnya untuk tidak kencing dengan cara berdiri. Alasan utamanya yaitu supaya najis air seni tidak mengenai bagian tubuh yang lainnya. Karena, dengan anda buang air kecil secara berdiri percikan air seni ke tanah akan lebih jauh hingga akan memerciki badan bahkan dapat terkena pakaian yang dikenakan tanpa anda ketahui. Untuk itu, cara terbaik agar anda tidak ragu jika anda terkena najis atau tidak sebaiknya kencing sambil jongkok.

Selain itu, umumnya orang yang kencing berdiri kemudian mereka mendirikan solat, ketika pada melakukan rukuk atau sujud terkadang akan  merasa bahwa ada sesuatu yang keluar dari kemalu4nnya. Sesuatu itulah yang merupakan sisa air kencing yang tidak keluar ketika kencing berdiri sehingga jika hal tersebut pada solat anda maka akan membuat solat yang anda kerjakan menjadi tidak sah.

Tips Ketika Berada di Toilet :

Gunakan Alas Kaki
Terdapat penelitian di Amerika yang menyebutkan bahwa di dalam kamar mandi atau WC ada sejenis virus dengan type Americanus yang bisa masuk melalui telapak kaki orang yang berada di WC tersebut. Dengan proses yang panjang virus yang berhasil masuk tersebut akan naik ke atas tubuh hingga sampai ke kepala yang selanjutnya dapat merusak jaringan otak. Kerusakan jaringan otak yang tersebut akan menyebabkan otak menjadi lemah seolah-olah anda tidak mengingat beberapa memory yang lambat-laun akan membuat kepikunan akut.

Untuk itu, sebaiknya anda meletakkan sandal di luar WC dan jangan membawanya ke dalam WC, karena semakin tempat tersebut kotor tersebut maka virus-virus berbahaya pun tersebut akan semakin mengintai kesehatan kita.

Buang Air Kecil Sambil Jongkok
Sangat disarankan untuk selalu kencing dengan cara jongkok. Namun jika dalam keadaan yang tidak memungkinkan atau darurat maka diperbolehkan untuk kencing berdiri. Dengan cara kencing berdiri dimaksudkan supaya kotoran dapat keluar abis sehingga tidak menjadi pemicu kencing batu maupun lemah syahwat.

Janganlah Merancang/Merencanakan Sesuatu di WC
Rasulullah sangatlah melarang berencana atau membuat sesuatu ide/gagasan/inspirasi ketika berada di dalam WC. Karena WC merupakan markasnya syaiton seperti yang terdapat pada doa ketika masuk WC : “ Alluhumma inni  a’udzubika minal khubutsi wal khabaits” yang artinya “Ya Allah saya berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki ataupun wanita”. Jika anda merancang gagasan/ide/inspirasi di dalam toilet maka di khawatirkan hal tersebut berasal dari bisikan syetan yang kelihatannya baik namun setelah digerakkan ternyata banyak mudharat/keburukannya. Begitu juga setelah keluar dari WC, anda bisa membaca istighfar serta doa keluar WC.

Ada juga adab yang sangat tidak baik untuk di contoh. Sangat tidak terpuji jika ketika buang hajat malah ingin mencari ide/gagasan dan inspirasi. Disunahkan pula untuk segera keluar dari WC jika buang hajat telah selesai dilakukan. Bukan justru malah bernyanyi dan membaca buku maupun koran.

Kencing merupakan kebutuhan yang dilakukan setiap harinya. Tanpa kencing dalam satu hari saja bisa mengakibatkan hal yang dapat mempengaruhi kesehatan sehingga tak heran yang berakhir pada operasi. Pembahasan mengenai bahaya kencing memang sudah banyak dijumpai diberbagai media, namun pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menuturkan bahaya kencing yang dilakukan secara berdiri versi saya sendiri. Disini akan dijelaskan mengenai apapun tentang bahaya dari kencing berdiri. Berikut beberapa efek dari kencing yang dilakukan secara berdiri.

Shalat Tidak Sah
Ketika anda kencing sembari berdiri sangat besar kemungkinan ada air kencing yang mengenai pakaian yang sedang di kenakan. Padahal, seperti diketahui syarat utama dalam mendirikan solat yaitu pakaian yang digunakan harus dalam keadaan suci. Apabila pakaian yang dikenakan terkena najis oleh air kencing kita sendiri maka shalat yang sedang dikerjakan tak di terima oleh Allah alias tidak sah. Kencing sambil berdiri juga akan membuat air yang dikeluarkan masih tersisa, sehingga ketika anda melakukan sujud maupun rukuk akan terasa ada sesuatu yang menetes dari kemalu4n.

Kurang Lega Serta Puas
Kencing yang dilakukan secara berdiri akan menyisakan air di dalam kandung kemih sehingga akan membuat orang merasa tidak lega dan puas. Biasanya orang yang kencing sambil berdiri akan pergi ke kamar mandi lagi untuk melanjutkan kencing yang belum terselesaikan tersebut.

Mengakibatkan Lemah Sy4hwat
Sudah menjadi hal yang pasti jika anda melakukan kencing berdiri akan menyisakan air seni yang tidak dikeluarkan secara tuntas. Apa yang terjadi jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus?. Hal tersebut akan membuat buah z4kar anda mengalami lemah syahwat.

Mengakibatkan Kencing Batu
Hal yang sering dialami jika kencing sambil berdiri yaitu adanya bahaya kencing batu karena sisa air seni yang tidak dibuang secara sempurna akan mengendap dan menghasilkan kristal-kristal batu pada kandung kemih.