Inilah Amalan yang Membuat Banyak Orang Masuk Surga - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Amalan yang Membuat Banyak Orang Masuk Surga


Inilah Amalan yang Membuat Banyak Orang Masuk Surga

Setiap manusia di dunia ini pasti ingin masuk surga, termasuk juga anda, bagaimanapun kehidupan seseorang, pasti yang diinginkan adalah bisa masuk surga. Untuk bisa mencapai itu semua, tentu saja bukan perkara yang mudah. Untuk bisa masuk surga, manusia harus melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan, itu adalah secara garis besarnya.

Tentu saja anda tahu jika manusia diciptakan dengan segenap tanggung jawabnya. Terutama untuk beribadah kepada Allah, kehidupan di dunia juga tidak kekal dan hanya sementara. Kehidupan di akhiratlah yang kekal dan abadi. Jika masuk surga, itu berarti akan mendapatkan kebahagiaan di kehidupan akhirat, tapi sebaliknya jika masuk neraka, maka itulah kesakitan yang paling luar biasa.

Inti dari cara agar masuk surga adalah dengan menjalankan amalan-amalan baik dan tidak melakukan hal-hal yang buruk. Tapi ada beberapa amalan yang banyak membuat orang masuk surga, karena memang mencakup banyak hal. Di bawah ini adalah amalan yang banyak membuat orang masuk surga.

Taqwa
Amalan yang banyak membuat orang masuk surga yang pertama adalah taqwa, secara umum taqwa berarti melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala jenis larangannya. Dalam hal ini berarti memenuhi tanggung jawab anda kepada Allah SWT. Memiliki sikat taqwa tentu saja tidak mudah, karena pada kenyataannya, menjalankan semua perintah Allah sangatlah sulit, penuh dengan godaan agar tidak melakukannya. Contoh kecilnya saja sholat, sholat adalah kewajiban yang benar-benar harus dilakukan, tapi pada kenyataannya, banyak orang yang meninggalkan sholat. Kemudian bagaimana menghindari semua jenis larangan Allah juga bukan suatu hal yang mudah. Di dalam kehidupan, segala sesuatu yang buruk justru lebih banyak dilakukan, seolah-olah memang menjadi kebiasaan. Melakukan hal buruk tidak sesulit menjalankan kebaikan, disinilah kadang-kadang yang mempersulit menjaga ketaqwaan.

Sebagai makhluk ciptaan Allah, maka sudah sepantasnya untuk bertaqwa kepada Allah, menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala bentuk laranganNya. Maka ini adalah salah satu amalan yang bisa membuat anda masuk Surga.

Akhlak
Amalan yang banyak membuat orang masuk surga yang selanjutnya adalah akhlak. Manusia tidak hanya memiliki tanggung jawab kepada Allah saja, tapi juga pada sesama di dunia. Akhlak adalah hal yang paling penting dalam kehidupan di dunia. Akhlak dalam hal ini berguna dalam menjalin hubungan dengan sesama, terkadang banyak dosa yang tanpa disengaja terjadi karena akhlak yang kurang baik. Oleh sebab itulah akhlak menjadi salah satu faktor penentu seseorang akan masuk surga.

Jika akhlak seseorang baik, maka dia pasti akan terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Allah juga memerintahkan umatnya untuk bisa hidup tentram antar sesama. Jadi tanggung jawab manusia bukan hanya kepada Allah saja, tapi juga kepada sesama manusia. Allah mencintai hambanya yang bisa menjalin hubungan baik dengan sesamanya.

Akhlak sebenarnya masih bisa diperbaiki, seseorang pasti memiliki pilihan lain saat akan melakukan hal-hal negatif. Tapi terkadang hawa nafsunya yang tidak bisa terkontrol. Karena akhlak inilah banyak orang yang akan masuk surga, tapi karena akhlak yang tidak baik juga akan banyak orang yang masuk neraka. Oleh sebab itu, sebagai manusia yang mengharapkan surga, alangkah baiknya jika selalu menjaga dan memperbaiki ahlak dimanapun berada.

Tanggung jawab kepada Allah memang sangat penting, tapi tanggung jawab dalam menjalani kehidupan sesama juga tidak kalah penting. Sebagai sesama manusia yang sama-sama diciptakan oleh Allah, sebaiknya bisa saling menghormati, saling menghargai dan saling menjalin hubungan baik satu sama lain. Sesungguhnya itulah yang bisa menjadi salah satu jalan anda menuju surga. Bukan malah sebaliknya, bermusuhan dan lain sebagainya, hal ini akan membawa anda pada celaka di akhirat.

Demikian adalah amalan yang banyak membuat orang masuk surga.

Setelah mengetahui kedua amalan tersebut, maka sebaiknya mulai saat ini anda bisa lebih menjaga dan memperbaiki akhlak anda dan juga tidak lupa menambah iman dan ketaqwaan anda. Maka InsyaAllah anda akan memiliki jalan yang mulus menuju surga nanti. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menjadi inspirasi yang positif untuk anda.