Inilah Sebabnya Hidup Orang Dzalim Selalu Enak di Dunia - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Sebabnya Hidup Orang Dzalim Selalu Enak di Dunia

Ilustrasi Rumah Mewah beserta Mobil
Orang dzalim ialah orang yang memiliki rasa taqwa kepada Allah SWT.Mereka hidup seakan-akan tiada Tuhan yang sedang mengawasinya.

Pada kenyataannya, meskipun tidak memiliki rasa taqwa kepada Allah namun orang yang dzalim kebanyakan hidupnya enak.Kenapa bisa seperti ini, padahal bukankah keindahan hidup hanya di berikan oleh Allah sedangkan mereka tidak pernah memohon kepada Allah?

Jika anda memiliki pemikiran seperti tersebut sebenarnya tanda di sadari anda telah mempertanyakan keadilan Allah.Padahal seperti yang anda ketahui sendiri bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Adil.

Lantas mengapa Allah tetap memberikan hidup yang enak kepada mereka? Dalam kitab NashaihulIbad Saat bin Hilal memberikan jawabannya. Ternyata meskipun mereka adalah orang-orang yang ingkar terhadap Allah, namun Allah tetap memberikan 4 anugerah kepada mereka, yaitu :

1. Orang dzalim dilancarkan rezekinya
Ya salah satu keindahan hidup di dunia bagi orang dzalim adalah hidup yang dipenuhi dengan harta. Maka dari itu Allah tetap menganugerahkan sifat Rahman-Nya yaitu kasih sayang Allah kepada semua manusia.

Namun berbeda dengan mereka yang beriman, mereka juga akan mendapatkan anugerah sifat Rahim Allah yang berarti sifat kasih sayang Allah saat di akhirat nanti. Ya, orang dzalim tidak akan pernah mendapatkan anugerah sifat Rahim Allah karena mereka tidak memiliki rasa iman yang menjadi syarat untuk mendapatkan anugerah sifat Rahim, hal ini seperti yang sudah di jelaskan dalam Al-Qur’an yaitu  Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan itu Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu.Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi. (Q.S. Al-Israa’ [17] : 20).

Selain itu, orang dzalim juga hanya memikirkan kehidupan dunia saja tanpa mengingat adanya kehidupan akhirat.Maka dari itu Allah memberikan kehidupan dunia yang indah seperti yang mereka dambakan.

Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakanbaginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. (Q.S. Al-Israa’ [17] : 19).

Dengan melimpahnya harta yang mereka miliki mungkin mereka akan puas dan berbangga diri. Namun tanpa di sadari bahwa rasa bahagia, puas dan ketenangan hati akan mereka rasakan hanya pada awal saja.

Pada ujung kehidupan nanti mereka akan kehilangan rasa tenang dalam hatinya, karena justru semakin banyak harta yang mereka miliki maka rasa ketidakpuasan akan semakin besar. Sehingga rasa gersang dan gelisah lah yang akan meliputi kehidupan mereka nantinya.

Padahal anda tahu sendiri bahwa harta dunia hanyalah titipan Allah yang bisa di ambil-Nya sewaktu-waktu.

2. Orang dzalim selalu mendapat kesehatan
Sifat Rahman Allah bukanlah hanya berlaku pada harta saja, melainkan juga pada kesehatan manusia.Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa meskipun orang dzalim tidak memiliki rasa taqwa kepada Allah namun mereka tetap mendapat anugerah sifat Rahmad Allah.

Dengan begitu orang dzalim tetap akan mendapat kesehatan badan. Namunselain karena sifat Rahmad Allah ini kesehatan juga akan di peroleh ketika di imbangi dengan olah raga dan gaya hidup yang baik.

Pada dasarnya segala sesuatu hanyalah kehendak Allah, jika saja orang dzalim selalu menjaga pola hidupnya dengan baik, maka besar kemungkinan Allah akan memberikan kesehatan padanya. Namun jika Allah berkehendak lain, yaitu dengan memberi penyakit pada orang dzalim meskipun dia telah menjaga pola hidupnya maka bisa saja.

3. Dosa orang dzalim tidak akan ditampakkan selama masih di dunia
Ya, salah satu anugerah Allah yang paling menguntungkan bagi orang dzalim adalah dosa mereka yang tidak akan ditampakkan di dunia. Allah hanya akan memberikan hidayah kepada mereka yang terpilih, agar teringat akan pedihnya azab neraka dan mereka segera bertaubat.
Jika saja Allah memperlihatkan dosa manusia selama dia masih hidup di dunia, ini merupakan nikmat yang tiada tara. Karena dengan ini lah manusia akan memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Dan nikmat Allah yang satu ini tidak akan di berikan pada orang dzalim, karena mata hati mereka telah tertutup dan tidak akan sadar dengan berbagai dosa mereka.

4. Hukuman dari Allah kepada orang dzalim tidak di berikan di dunia
Ya, seperti yang sudah anda ketahui bahwa hukuman Allah di akhirat akan jauh lebih pedih di banding dengan hukuman di dunia. Dan inilah yang akan di dapatkan oleh orang dzalim, karena selama di dunia mereka tidak akan di berikan hukuman atau adab yang membawanya ke arah yang lebih baik. Hal ini di jelaskan dalam Al-Qur’an
Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak,  (Ibrahim :42)

Dan tinggalkanlah dosa yang nampak dan yang tersembunyi. Sesungguhnya orang yang mengerjakan dosa, kelak akan diberi pembalasan (pada hari kiamat), disebabkan apa yang mereka telah kerjakan. (Al Anam : 120)

Semoga penjelasan di atas dapat menjadi pelajaran bagi anda semua agar menjadi hamba yang lebih baik dan lebih dekat kepada Allah SWT.