Istri yang Memiliki 9 Ciri Ini Adalah Mereka yang Akan Mengundang Rezeki Suaminya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Istri yang Memiliki 9 Ciri Ini Adalah Mereka yang Akan Mengundang Rezeki Suaminya


Istri yang Memiliki 9 Ciri Ini Adalah Mereka yang Akan Mengundang Rezeki Suaminya

Menikahi seorang wanita merupakan suatu kewajiban bagi seorang pria yang sudah mampu, baik dari segi fisik, mental maupun finansial.

Masalah finansial ini lah yang sering kali di anggap menjadi masalah terbesar ketika seorang pria hendak menikahi seorang wanita. Padahal sebenarnya jika anda melakukan pernikahan ini karena Allah, Allah tidak akan mungkin menyulitkan rezeki anda.

Selain dengan bekerja keras, ketika anda memilih wanita yang tepat maka Allah juga akan semakin memudahkan rezeki anda. Ya, karena seorang istri yang baik sebenarnya dapat menjadi pengundang rezeki suaminya. Berikut ini ciri-ciri istri yang dapat mengundang rezeki suaminya :

1. Istri yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
Ketika seorang pria hendak menikahi wanita, maka ada 4 hal yang peru di pertimbangkan terlebih dahulu yaitu karena (1) kecantikannya, (2) keturunannya, (3) hartanya, (4) agamanya. Dari 4 hal tersebut agama merupakan aspek utama yang harus anda pertimbangkan dengan baik.

Karena ketika anda memilih wanita yang memiliki panutan agama yang baik maka secara otomatis dia akan taat kepada Allah dan RasulNya. Dengan ketaatannya kepada Allah dan Rasulallah maka istri itu akan membawa keluarganya kekehidupan yang tentram.

Dan tanpa anda sadari kehidupan rumah tangga yang tentram, bahagia dan nyaman adalah rezeki dari Allah yang tiada tara. Selain itu, sebuah rumah tangga yang diisi oleh seorang suami yang sholeh dan istri yang sholehah maka akan menjadi keluarga yang berkah. Mereka juga akan di karunia anak yang sholehsholehah yang nantinya bisa menyelamatkan mereka dari siksa akhirat.

2. Istri yang taat pada suaminya
Selain taat kepada Allah dan Rasulullah, seorang istri juga wajib taat kepada suaminya.Dengan catatan bahwa perintah suaminya merupakan perintah baik dan tidak bertentangan dengan ajaran Allah. Hal ini di jelaskan dalam sebuah hadis yaitu
Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain niscaya aku akan menyuruh seorang isteri untuk sujud kepada suaminya (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Ketika seorang suami memilik istri yang taat kepadanya, maka hati suami akan menjadi tenang dan bahagia. Dengan begitu untuk menjalankan kewajibannya mencari nafkah untuk keluarga juga akandilakukannya dengan bahagia dan ikhlas.

Dan jika seorang istri ingin membantu mencari nafkah untuk keluarganya, maka harus terlebih dahulu meminta ijin kepada suaminya dan mampu menjaga nama baik keluarga dan dirinya di tempat kerja. Hal ini di jelaskan dalam Al-Qur’an.

“Laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat lagi memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya”.(Q.S. An Nisa : 34).

3. Istri yang melayani suaminya dengan baik
Kewajiban utama seorang istri adalah melayani suaminya dengan baik serta merawat dan mendidik anak-anak mereka.Melayani suami ini memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari menyiapkan segala kebutuhan suami hingga melayani suami dalam hal kebutuhan rohaniah.

Jika seorang istri yang sholehah mampu melayani suaminya dengan baik, maka kehidupan rumah tangga mereka akan menjadi sakinah. Dan kesholehahan istri ini lah yang akan mengundang segala hal yang baik untuk rumah tangga mereka, termasuk rezeki yang halal dan berkah.

4. Istri yang berdandan hanya untuk suaminya
Saat ini, seorang wanita yang keluar rumah tanpa menggunakan make up rasanya sudah sangat langka bahkan tidak ada. Sedangkan saat di rumah dan bersama suaminya mereka hanya akan membiarkan diri tanpa riasan sedikit pun.

Hal ini tentu sangat salah, karena sesungguhnya wanita yang sholehah hanya berdandan untuk suaminya saja.Dan menyederhanakan diri ketika keluar rumah, agar tidak mengundang kesalahpahaman dan hal-hal negatif lainnya. Ini di jelaskan dalam sebuah hadist yaitu

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah” (H.R. Muslim).

5. Istri yang ketika di tinggal akan menjaga kehormatan dan harta suaminya.
Kewajiban suami untuk mencari nafkah sering kali menuntut suami untuk keluar rumah dan meninggalkan istrinya. Seorang istri yang sholehah ketika di tinggal suaminya untuk mencari nafkah, maka dia akan menjaga kehormatan suaminya dengan baik.

Dia juga akanmenjaga seluruh harta yang di tinggalkan suami dengan baik, dan menggunakannya pada hal-hal yang posifis yang tentu saja atas ijinsuaminya. Selain itu, istri yang sholehah juga tidak akan sembarangan menerima tamu yang tidak pantas dan meminimalkan pergi keluar rumah tanpa tujuan yang penting.

Jika seorang istri mampu melakukan hal yang demikian maka rezeki halal akan mudah masuk kerumahnya sebagai balasan dari Allah atas ketaatannya dan kesetiaanya pada suami.

6. Istri yang selalu meminta ridha suami
Dalam sebuah rumah tangga ridha suami atas istrinyasangatlah penting. Seorang istri yang selalu meminta ridha suami atas dirinya tahu betul bagaimana cara membahagiakan hati suaminya, tidak membuat hati suaminyatersakiti, tidak akan meninggalkannya ketika sedang marah atau sang suami sedang marah.

Seorang istri yang memiliki sifat-sifat seperti ini adalah mereka para penghuni surga, yang di jelaskan dalam sebuah hadist yaitu “Maukah kalian kuberitahu isteri-isteri yang menjadi penghuni surga yaitu isteri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya, dimana jika suaminya marah dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata ”Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha” (H.R.AnNasai).

Ketika seorang suami memiliki istri demikian, maka Allah akan membuahkan rezeki istri melalui tangan sang suami dikarenakan amalan serta kesetiaannya pada sang suami.
7. Istri yang menerima pemberian suami dengan ikhlas
Ketika istri menerima segala pemberian suami dengan ikhlas meskipun jumlahnya sedikit, maka Allah akan memberikan keberkahan yang lebih pada rezeki yang di berikannya melalui tangan suami tersebut.

Keikhlasan seorang istri atas pemberian suami ini bisa di perlihatkan dengan tidak pernah mengeluh, selalu bersyukur serta tidak pernah menuntut lebih dari kemampuan suaminya.

8. Istri yang menjadi partner untuk mendapat ridha Allah
Seorang istri sholehah yang bisa menjadi partner dalam mendapat ridha Allah adalah istri yang selalu menjadi menjadikan rumah tangga sebagai lahan pahala. Dia juga akan menasehati dengan lembut ketika suaminya berbuat kesalahan serta menjadi motivator utama ketika rumah tangganya sedang dalam kesusahan.

Saat sebuah rumah tangga di huni oleh istri yang demikian Allah akan sangat ridha dan tak segan-segan untuk memudahkan rezekinya.

9. Istri yang tak pernah putus dalam mendoakan suaminya
Selain dengan bekerja keras, rezeki juga akandimudahkan ketika seorang hamba memohon dengan ikhlas dan tulus.

Dari situlah, istri yang akan mengundang rezeki suaminya adalah istri yang selalu berdoa kepada Allah agar rezeki suami serta anak-anaknya di berikan dengan lancar dan berkah. Dia tidak akan pernah putus doa dan selalu menghiasi bibirnya dengan lantunan doa terhadap Allah SWT.

Semoga penjelasan di atas dapat membuat anda khususnya kaum hawa, menjadi hamba yang lebih taat pada Allah dan RasulNya serta menjadi istri yang lebih untuk suaminya.