Jauhi 8 Perkara Ini Supaya Rezeki Anda Tidak Seret. Nomor 6 Paling Sering Dilakukan - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Jauhi 8 Perkara Ini Supaya Rezeki Anda Tidak Seret. Nomor 6 Paling Sering Dilakukan


Jauhi 8 Perkara Ini Supaya Rezeki Anda Tidak Seret. Nomor 6 Paling Sering Dilakukan

Manusia terlahir kedunia ini dibekali beberapa hal yang telah ditetapkan ALLAH SWT, seperti jodoh, rezeki, dan umur. Jumlahnya pun sudah ditetapkan tidak akan tertukar, rezeki yang telah ditetapkan ALLAH SWT bisa berupa istri, harta, dan anak anak yang sholeha. Namun tetap dibalik semua yang telah ditetapkan ALLAH SWT manusia tidaklah menunggu semua itu datang dengan sendirinya sebagai umatnya yang diberi akal dan tenaga harus digunakan untuk menjemput atau mencari yang telah ditetapkan ALLAH SWT dan berdoa kepada ALLAH SWT.

Dan sebagai manusia yang memiliki akal manusia pun memiliki sisi negatif yaitu kesalahan yang tidak diridhai ALLAH SWT, ada beberapa kesalahan atau kebiasaan yang manusia lakukan dan dapat menolak rezeki.

1. Kebanyakan mengeluh
Mengeluh adalah salah satu kebiasaan yang tidak manusia sadari sering manusia jalankan, hal itu dikarenakan manusia tidaklah memiliki rasa puas dengan apa yang dimilikinya.

2.Materialistis alias matre
Kebiasaan ini bisa berupa mengukur segala sesuatu dengan uang atau barang, ternyata hal ini dapat menjadi salah satu hal yang dapat menolak rezeki.  Rata rata orang yang matrealistis akan lebih memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan. Dan pun sebaliknya pada orang kaya, padahal jika ditelaah lagi dalam segi agama, Allah SWT telah menitipkan rezeki sebagian orang miskin pada orang kaya. Dan lagi sikap matre merupakan sikap mendewakan harta dan menjurus syirik dosa besar yang tidak akan diampuni Allah SWT, jadi hindarilah kebiasaan menilai segala sesuatu dengan materi.

3.Makan makanan haram
Makanan haram saat ini banyak beredar dimasyarakat, dan bukan hanya saja makanan yang diharamkan Allah SWT tetapi binatang yang disembelih tanpa menyebut nama Allah akan menjadi makanan haram, dan lagi makanan atau harta yang didapat dari cara tidak baik atau halal akan menjadi haram juga seperti korupsi, mencuri, dan lain lain. Dan ternyata kebiasaan mengkonsumsi makanan haram dapat menjadi sesuatu yang dapat menolak rezeki.

4.Terlalu fokus pada dunia
Manusia pada dasarnya hidup didunia adalah mencari harta sebanyaknya dana mal ibadah yang berlimpah namun tak sedikit manusia yang melupakan mencari rezeki akhirat dan lebih mengutamakan rezeki dunia dan dapat meninggalkan kewajiban yang telah Allah SWT perintahkan, tak ayal hal ini dapat menjadi salah satu penyebab yang dapat menolak rezeki .

5.Tidak menjaga badan
kesehatan menjadi hal yang harus dijagabanyak manusia mengabaikan kesehatannya, apalagi jika sudah berurusan dengan duniawi seolah badan adalah hal mutlak yang mereka miliki dan tidak akan sakit, karena segala sesuatu berurusan dengan duniawi dapat mempengaruhi manusia untuk malas makan,berolahraga, dan lainnya. Dan itu pun dapat menjadi hal yang dapat menolak rezeki manusia itu sendiri.

6.Kebanyakan gosip
Gossip adalah suatu kebiasaan yang lumrah terjadi saat ini, bukan hanya dikalangan wanita saja gossip ini terjadi namun juga dikalangan pria banyak yang gemar bergosip, bahkan hal yang menjadi sorotan public pun telah menyajikan gosip seperti acara televise gosip.  Pada saat bergosip manusia telah membuang buang waktunya untuk mencelah, mempergunjingkan orang lain, dan tanpa disadari itu menjadi hal yang dapat menolak rezeki.

7.Penggrutu suka marah
Manusia yang selalu menggerutu adalah tanda manusia yang tidak pernah mensyukuri nikmat atau rezeki yang telah diberikan oleh ALLAH SWT, jika manusia yang selalu menggerutu atau suka marah bisa menjadikan hal itu suatu yang dapat menolak rezeki yang telah ALLAH SWT tetapkan kepada dirinya.

8.Riya dan suka pamer
Banyak manusia sekarang gemar memamerkan segala sesuatu yang dapat mereka banggakan entah berupa harta, prestasi, dan lain lain. Hal ini banyak dilakukan untuk mendapatkan pujian dari sesama manusia, apalagi manusia yang memamerkan ibadahnya seperti sholat, haji, sodakoh, amal dan banyak lagi, bukan semata semata untuk berserah diri kepada Allah SWT tetapi untuk mendapatkan pujian sebanyaknya dari sesame manusia yang sebenarnya dapat menjadi penolak rezeki manusia itu sendiri.