Ternyata Satu Keburukan Ini Bisa Menghapus Amal 70 Tahun - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ternyata Satu Keburukan Ini Bisa Menghapus Amal 70 Tahun


Ternyata Satu Keburukan Ini Bisa Menghapus Amal 70 Tahun

Saat ini, banyak peramal yang mengaku mengetahui umur seseorang. Padahal hal itu sudah jelas dusta, karena umur merupakan rahasia Allah yang tidak satu orang pun mengetahuinya. Bahkan Nabi Muhammad SAW sendiri tidak mengetahui berapa panjang usianya dan kapan Beliau akan di jemput oleh malaikat maut.

Dengan kenyataan tersebut, sudah sepatutnya Anda sebagai hamba Allah yang baik memanfaatkan umur anda dengan sebaik mungkin. Banyak amalan yang dapat di lakukan ketika Anda masih berada di dunia ini, mulai dari menjalankan kewajiban yang di tuntut Allah hingga menjalankan sunah-sunah Rasulullah SAW.

Namun ketika anda sudah tiada nanti, hanya ada 3 amalan yang dapat terus berjalan pahalanya, yaitu ilmu yang bermanfaat, sedekah jariah serta doa anak yang sholeh dan sholehah.

Ketiga amalan tersebut akan sangat membantu anda ketika di akhirat nanti. Namun untuk mendapatkan pahala dari amalan-amalan tersebut sudah tentu sewaktu masih hidup di dunia anda harus melakukan amalan tersebut dengan baik.

Dari salah satu amalan tersebut ilmu yang bermanfaat merupakan amalan yang harus di lakukan sejak dini sekali.Karena kewajiban seorang Muslim sebenarnya tidak hanya sholat 5 waktu dan puasa bulan Ramadhan saja, namun menuntut ilmu yang bermanfaat juga termasuk kewajiban umat Muslim.

Kenapa menuntut ilmu termasuk kewajiban bagi umat Muslim?karena hanya umat Muslim yang berilmu lah yang dapat melakukan segala amalan dengan sempurna. Lain halnya dengan Muslim yang tidak pernah menuntut ilmu maka setiap amalan yang dia lakukan tidak akan memiliki dasar.

Ilmu tersebut bisa di katakan sebagai ilmu yang bermanfaat ketika pemiliknya mampu mengamalkan ilmu tersebut untuk kebutuhan agamanya.Dengan amalan yang berdasarkan ilmu yang telah diperolehnya, maka amalan tersebut bisa di katakan sebagai amalan yang sempurnya. Namun jika seseorang menuntut ilmu dan tak pernah mengamalkannya maka hidup yang semakin jauh dari Allah SWT lah yangakan dia alami. Ibarat 1000 teori tanpa praktik hanya akan membuat hidup semakin rumit dan dan tak berkesinambungan.

Ya, ketika seseorang memiliki ilmu agama yang baik maka akan memanfaatkan waktu hidupnya dengan baik, misalnya saja  mengisi waktu sebelum sebuah dengan kegiatan dzikir, tlilawah serta memperbanyak istigfar, dan memanfaatkan waktu setelah subuh untuk memperbanyak berdzikir hingga matahari terbit.

Amalan tersebut tentu hanya akan di lakukan oleh merak yang mengetahui ilmu nya, Selain itu, amalan lain yang hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan ilmu agama adalah melaksanakan sholahdhuha untuk menghadap kepada Allah di sela-sela waktu kerjanya. Selain itu waktu dhuha juga merupakan waktu yang baik untuk beristirahat, oleh sebab itu lah setelah sholat dhuhadisunahkan untuk tidur sebentar hingga datang waktu dhuhur.

Dengan amalan ibadah yang di laksanakan berdasarkan ilmu agama yang di peroleh maka tak heran jika amalan-amalan tersebut menjadi amalan unggulan bagi anda.Dan jika amalan-amalan tersebut di lakukan sepanjang hayat anda maka besar kemungkinan bagi anda untuk terselamatkan dari kejamnya neraka.

Namun sanyangnya berbagai amalan unggulan yang telah anda lakukan sepanjang hayat bisa terhapuskan dengan 1 hal saja.1 hal yang dimaksud dapat menghapuskan amalan baik seseorang ini tercantum dalam sebuah hadist dari Rasulullah yaitu :

“Sungguh, ada orang yang melakukan kebaikan selagi tujuh puluh tahun, namun ia berwasiat serta zhaim dalam wasiatnya, lalu menutup usianya dengan kejelekan amalnya jadi ia dimasukkan ke dalam neraka. Serta sungguh, ada orang yang melakukan keburukan selagi tujuh puluh tahun, lalu ia adil dalam wasiatnya, serta menutup usianya dengan kebaikan amalnya, jadi ia dimasukkan ke dalam surga. (Hr. Imam Ahmad bin Hanbal dari Abu Hurairah)

Dari hadis di atas sudah jelas bahwa amalan baik akan membawa berkah bagi anda jika terus di lakukan sampai akhir hayat tanpa berhenti sekejap pun. Dan amalan tersebut sudah tentu harus di lakukan dengan ikhlas. Jangan pernah sesekali mencoba melakukan perbuatan jelek, karena anda tak pernah tau kapan malaikat maut datang menjemput anda.


Semoga pembahasan di atas dapat mengingatkan anda sekalian agar menjadi hamba yang selalu dekat dengan Allah.