Tips Hidup Sehat dan Bugar Ala Rasulullah - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Tips Hidup Sehat dan Bugar Ala Rasulullah


Tips Hidup Sehat dan Bugar Ala Rasulullah

Perkembangan jaman membuat ilmu pengetahuan begitu berkembang dengan cepat. Termasuk salah satu diantaranya adalah masalah hidup sehat, seiring perkembangan jaman, berbagai tips kesehatan pun ditemukan, dengan bantuan berkembangnya pengetahuan ilmiah.

Namun tahukah anda, jika Rasulullah juga memiliki tips hidup sehat yang bisa dibuktikan secara ilmiah? Mengingat Rasulullah hidup di jaman yang belum begitu banyak tercipta teknologi selayaknya saat ini, tentu  saja tips hidup sehat dan bugar Ala Rasulullah yang bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah adalah sesuatu yang menakjubkan.

Di bawah ini adalah beberapa tips hidup sehat dan bugar ala Rasulullah yang bisa dibuktikan kebenarannya dengan ilmiah.

Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang
Tips hidup sehat dan bugar ala Rasulullah yang pertama adalah beliau menganjurkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Setelah dilakukan penelitian, ternyata hal ini terbukti menyehatkan secara ilmiah. Tentu saja ini adalah sesuatu yang luar biasa, saat belum memiliki kemajuan seperti saat ini, gaya hidup Rasulullah sungguh luar biasa.

Duduk saat minum
Pada saat hendak minum, Rasulullah selalu memposisikan tubuhnya dalam keadaan duduk terlebih dahulu, baru mulai minum. Secara ilmiah, hal ini terbukti menyehatkan dan baik untuk kesehatan. Pada saat dalam keadaan berdiri, ada katup dalam rongga pencernaan yang masih tertutup dan tidak siap menerima tekanan, sedangkan dengan posisi duduk, maka sistem pencernaan lebih siap untuk menerima air yang masuk.

Makan menggunakan tangan
Cara makan yang dianjurkan adalah dengan menggunakan tangan kanan, hal ini juga seperti yang di anjurkan oleh Rasulullah. Tahukah anda jika hal ini bukan hanya sekedar tradisi? Dalam penelitian ilmiah, ternyata makan dengan tangan kanan baik untuk kesehatan manusia.

Saat seseorang makan dengan tangan kanan, maka otak kiri yang akan merespon. Otak kiri adalah otak yang memiliki sifat teratur dan berpikir. Sehingga baik untuk makan, sedangkan jika menggunakan tangan kiri, maka orak kanan yang akan merespon, otak kanan bersifat imajinasi dan kebebasan, jadi akan berdampak pada pola makan yang tidak teratur.

Cepat Tidur dan cepat bangun
Saat sudah masuk waktunya istirahat dan tidur, Rasulullah tidak pernah menundanya. Waktu yang baik dan dianjurkan oleh Rasulullah untuk tidur adalah jam 21.30. sedangkan untuk bangun adalah jam 03.00, untuk kemudian sholat malam dan beraktivitas. Jadi waktu tidur tidak mencapai 8 jam, idealnya dalam sehari anda menggunakan sepertiga waktu untuk beristirahat, sepertiga waktu untuk beribadah dan sepertiga lainnya untuk beristirahat.

Ternyata hal ini juga baik untuk kesehatan, baik kesehatan fisik dan juga mental anda. Dan telah dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.

Berpuasa
Bagi anda yang beragama Islam, pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan puasa. Bahkan pada bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa penuh selama sebulan. Tahukah anda jika berpuasa itu selain memenuhi kewajiban anda sebagai umat Muslim juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berpuasa bisa menjaga keseimbangan pada berbagai sistem di dalam tubuh, selain itu juga berpuasa bisa menjadi salah satu metode yang bisa digunakan untuk menahan nafsu, baik nafsu makan dan nafsu lainnya yang bisa merusak kesehatan, baik kesehatan fisik ataupun rohani. Oleh sebab itulah umat Islam disunahkan untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain mendapatkan pahala, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Itulah beberapa tips hidup sehat dan bugar ala Rasulullah yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Tentu saja ini sangat luar biasa, pengetahuan Rasulullah dan pengetahuan Islam ternyata sangat luas. Belakangan juga banyak ilmuan yang melakukan penelitian berdasarkan Alqur’an dan Hadis, bukan hanya ilmuan Muslim saja, bahkan juga yang non Muslim saat ini tertarik membuktikan kebenaran Alqur’an dan hadist.


Bukan hanya dalam hal kesehatan  =saja, Alqur’an mencakup seluruh alam semesta beserta dengan isinya. Sebuah kitab yang diciptakan sudah sangat lama, tapi menjadi pedoman saat ini. Ini kembali lagi membuktikan betapa kehebatan Alqur’an yang luar biasa. Kitab suci yang menjadi pedoman hingga akhir zaman. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.