Ibu Tidak Akan Pernah Menceritakan 7 Hal Ini Kepada Anaknya dan Juga Orang Lain - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ibu Tidak Akan Pernah Menceritakan 7 Hal Ini Kepada Anaknya dan Juga Orang Lain

Semua orang pasti mengetahui bahwa Ibu ialah orang tua yang harus selalu dan paling dihormati baru kemudian Ayah. Rasulullah SAW juga mengatakan dalam Hadits bahwasanya manusia harus menghormati 1 Ibu 3 kali dibandingkan menghormati Ayah.



Berikut Hadits lengkapnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Ada 5 hal yang tidak akan pernah diceritakan seorang Ibu kepada anaknya. Hal ini agar sang Ibu tidak ingin anak-anaknya merasakan kesedihan karena dengan membaca 5 hal ini kamu pasti akan meneteskan air matamu. Lantas kenapa sampai sekarang masih ada anak yang bangkang terhadap Ibunya dan juga Ayahnya.

Bacalah 5 Hal tersebut:

1. Ibu sering menangis. Ibu menangis karena anaknya yaitu dirimu. Ibu menangis pada saat hamil, ia menangis pada saat melahirkan kamu. Ibu akan menangis pada saat pertama menggendong dirimu. Ibu juga akan menangis ketika pertama kali mengantarkanmu ke sekolah dan memandang dirimu dari jauh. Ibumu akan menangis ketika dirimu pergi merantau jauh darinya. Ibumu juga akan menangis ketika dirimu dipinang oleh lelaki pujaanmu bagi anak perempuan. Ibu akan menangis ketika dirimu mengabaikannya. Ibu akan menangis ketika dirimu menyakitinya

2. Ibu suka berbohong untuk kebahagiaanmu. Ibu suka makanan seperti cokelat, kue tart, atau lainnya. Lantas, ia melihat dirimu yang masih kecil. Ibu tidak cukup uang untuk membeli banyak makanan seperti itu. Kemudian dirimu berkata, kalau kamu pingin makan cokelat. Ia akan memberimu makanan tersebut untuk membuat dirimu bahagia. Dan Ibu akan mulai membohongimu bahwa ia tidak suka makanan tersebut.

3. Ibu mengurus kamu dalam keadaan susah payah. Dari bulan pertama kehamilan sampai 9 bulan itu sangat tidak menyenangkan, namun ia terus merasakan bahagia dengan menahan sakit karena menanti kelahiran anaknya. Ibu akan terus menggendongmu sewaktu kecil meski kamu bawel dan bandel. Ia akan menyuapimu dengan penuh lemah lembut meski kamu suka berontak. Namun semua itu tidak pernah ia ceritakan kembali pada saat kamu beranjak dewasa.

4. Ibu manusia paling takut. Ia akan takut kalau kamu salah makanan. Ia akan takut kalau kamu sakit. Ia akan takut kalau kamu kelaparan. Ia takut kalau kamu tidak lulus sekolah. Ia akan takut dirinya sendiri tidak bisa memberikan kebahagiaan untuk dirimu. Namun, sampai kamu dewasa ia hanya memberitahukan ia perempuan paling kuat di dunia dan tidak pernah takut apapun. Ibu harus kuat didepan anak-anaknya yaitu kamu.

5. Dia akan melakukan segalanya untukmu. Menjadi seorang ibu adalah tugas berat, mungkin itu tugas terberat di dunia. Ia akan kekurangan tidur, mungkin jatah makannya berkurang. Ia juga akan pusing karena harus mengurusmu. Ia menanggung kesakitan karena melahirkanmu dan merelakan semuanya demi dirimu. Kadang kamu menyakitinya dan membuatnya menangis.Kamu juga kadang membentaknya. Namun, apabila saat ini ia diberi pilihan kembali apakah akan melahirkanmu atau tidak, ia pasti akan memilih melahirkanmu. Semua rasa sakit itu, dirinya yang kerepotan karena ulahmu, itu semua tidak sebanding dengan cintanya kepada dirimu. Cintanya mengalahkan itu semua. Dan memang, rasa cinta seorang ibu lah yang membuat semuanya mungkin.
Maka, setelah membaca ini, katakan kepada ibumu bahwa kamu mencintainya.

5. Ibu akan melalukan segalanya yang terbaik untuk dirimu. Tugas sangat berat di dunia adalah menjadi seorang Ibu. Pekerjaan Ibu sangat mulia di sisi Allah SWT. Ibu setiap hari akan kekurangan tidur. Ia juga kekurangan jatah makanan. Ibu juga pusing ketika mengurusmu dari kecil hingga kamu sudah mandiri.

6. Ibu manusia paling sabar. Ia harus menahan amarah kalau kamu suka bandel bahkan berargumen dengannya pada saat dewasa. Namun, saat Ibu diberikan pilihan kembali apakah ingin melahirkanmu atau tidak, Ibu pasti memilih lebih melahirkanmu.

7. Ibu orang paling mencintai anaknya didunia. Semua rasa sakit karena tingkah lakumu, repot mengurusmu tidak akan sebanding dengan rasa cinta dan sayan yang dimiliki terhadapmu. Cintanya kepada dirimu mengalahkan semua hal-hal tersebut diatas. Rasa cinta dan kasih sayang membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Ingatlah do’a seorang Ibu akan diijabah (dikabulkan) oleh Allah SWT. Tidak ada dinding batas antara Ibu dan anak juga sebaliknya.


Sekarang do’akanlah Ibu dan Ayahmu seperti dalam Surrah Al Qur’an dibawah ini:

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (Qs. Al-Ahqaaf : 15)


Sekarang sahabat semua, setelah membaca artikel ini katakan kepada Ibumu kalau kamu sangat mencintai dan menyayanginya dan juga Ayahmu. Semoga menginspirasi semua. (Mzzi)